Kamis, 16 April 2020

0 Membuat Meja Santai untuk Kerja

Dulu saya pernah memesan meja santai pada tetanggaku pak Rusiyo, sampai sekarang pun masih terpakai. Semenjak work form home, istriku membutuhkan meja santai yg bisa dipakai untuk kerja, mudah untuk di pindah-pindah dan kaki bisa dilipat. Sempat saya lihat di online, tetapi saya jadi tertantang untuk membuatnya sendiri.

Maka seperti inilah design meja yg berukuran 600 mm x 400 mm, dengan tinggi hampir 300mm


Saya menggunakan papan tebal 12 mm, saya potong dengan ukuran 600 mm x 400 mm agar ukuran meja pas, tidak terlalu kecil dan juga tidak kebesaran.
Balok untuk penyangga kaki meja, saya gunakan yg memiliki ketebalan 22 mm dan lebar 45 mm, sedangkan ketebalan kaki meja 28 mm, sehingga membutuhkan baut lebih dari 50 mm


Design sederhana untuk kaki meja agar bisa dilipat disamping itu agar pemakaian bahan tidak terlalu boros.
Sebagai alat bantu pembuatan kaki meja, saya menggunakan hole saw ukuran 64 mm.

Untuk as kaki meja saya menggunakan baut kupu-kupu 8 mm dengan panjang 50 mm yg ternyata tidak bisa dipasangkan mur karena ketebalan kayu penyangga dan kaki meja juga 50 mm. Akhirnya saya selipkan kabel tis kedalam lubang baut yg saya buat sehingga baut dapat terikat dengan sangat kuat layaknya menggunakan mur. Setelah terpasang, potong ujung kabel tis agar terlihat rapi sempurna.

Kencangkan baut as kaki meja dengan menyelipkan tangkai tang lalu putar searah jarum jam

Design kaki kursi saat terlipat

Ukuran meja tidak terlalu kecil, istriku pun senang, muach..

Thx,  ^_^


0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates