Jumat, 22 Januari 2010

6 Memperbaiki delco atau distributor mesin mobil


Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tidak terlalu sulit. Cukup menggunakan arang tespen sebagai pengganti arang delco yang habis dan sangat awet (sudah saya buktikan sendiri). Kalau tidak ada bisa juga menggunakan arang baterai senter.
Pengalaman ini saya dapatkan di saat tengah berada di jalan Thamrin. Mesin mobil mati mendadak secara tiba-tiba dan saat di stater tidak mau hidup, yang pasti ada banyak penyebab kondisi ini bisa terjadi. Seorang sahabat baik, Laek Marbun (almarhum), saat itu yg dengan suka rela membantu memperbaiki mobil saya, dia langsung memperkirakan bahwa masalah terletak pada arang delco  yang habis. Kemungkinan seperti Ini bisa terjadi apabila mobil sudah berumur lebih dari 5 tahun.
Dari pengalaman tersebut diatas, tidak ada salahnya untuk selalu membawa obeng tespen (listrik rumah, tegangan 220 volt) kedalam kotak peralatan mobil. Apabila ternyata tidak ada obeng tespen, arang baterai bekas juga dapat digunakan.

1. Delco atau distributor mesin mobil.



















2. Obeng tespen yang akan dijadikan bahan kanibal, untuk memperbaiki delco atau distributor.









3. Bersihkan bagian tengah, tempat arang.


















4. Bentuk bagian ujung arang tespen agar dapat terikat per tespen. Potong per secukupnya, dan pada ujung bagian per yang dipotong delebarkan









5. Potong per tespen, lebarkan bagian ujungnya. agar pas, saat dimasukkan kelubang delco dan arang tidak mudah terlepas dari delco distributor.








6. Posisi arang tampaik seperti di gambar. ingat, posisi arang flexibel, dapat keluar masuk dengan ringan.



















7. Posisi arang sangat ringan, untuk bergerak keluar masuk.



















8. Posisi arang sangat ringan, untuk bergerak keluar masuk.

6 komentar:

  1. Terima kasih. Bisa dicontek nih triknya....

    BalasHapus
  2. Berarti klu arang nya sudah aus api ke busi gak nyambung gan......

    BalasHapus
  3. Berarti klu arang nya sudah aus api ke busi gak nyambung gan......

    BalasHapus
  4. Sama dengan kisah bos agan,sy punya mobil mazda 323 th 87 ,sewaktu di bawa jln aman aman aja,smp tujuan mobilnya ndut ndutan , periksa punya periksa , minyak nya tersumbat dr aliran tanki bensin,dibukalah sitengki bensin ini selsai.habis itu mobil distarter ,malah ga nyala alias gak bisa hidup ,trus diperiksa eee ga taunya pengapian ke busi nya ga ada .yanh mau saya tanyakan,,,apa masalah nya di arang tutp delco ......terima kasih bos agan

    BalasHapus
  5. Sama dengan kisah bos agan,sy punya mobil mazda 323 th 87 ,sewaktu di bawa jln aman aman aja,smp tujuan mobilnya ndut ndutan , periksa punya periksa , minyak nya tersumbat dr aliran tanki bensin,dibukalah sitengki bensin ini selsai.habis itu mobil distarter ,malah ga nyala alias gak bisa hidup ,trus diperiksa eee ga taunya pengapian ke busi nya ga ada .yanh mau saya tanyakan,,,apa masalah nya di arang tutp delco ......terima kasih bos agan

    BalasHapus
  6. Thanks ya utk pencerahannya...

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

 

o2-fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates