Senin, 04 Februari 2013

59 Temperatur Tinggi Di Daihatsu Gran Max

Seorang teman, pak Kardi, menceritakan mobil nya (Daihatsu Gran Max, 2008) yg mengalami temperatur tinggi di hari Jumat malam, air radiator habis sementara air cadangan penuh, .Ketika radiator di isi air lagi, tak berapa lama temperatur tinggi lagi, air radiator sudah berkurang jauh.
Setelah dipanggil seorang montir, ternyata ada beberapa trik untuk mengatasinya.

Buka kursi depan sebelah kiri


Buka ke 2 baut dan ambil bagian termostat di dalamnya, bersihkan dengan air dan di sikat, sambil di tekan-tekan pegas termostat (termostat macet)


Lalu isi air radiator dengan membuka kap depan mobil dan dalam keadaan mesin hidup, agar tak ada udara di area water pump.


Bila masih kurang yakin, bukalah baut neple dengan kunci 10, secara perlahan, bila air mancur sempurna, artinya udara sudah dikeluarkan.


Sahabatku, pak Kardi..

Semoga bisa membawa manfaat.

59 komentar:

  1. Alhamdulillah...terimakasih banyak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...terimakasih banyak...

    BalasHapus
  3. Ini mobil saya ngak bisa nyala/macet ternyata tutup radiator kubuka.gimana solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau sampai mesinnya macet karena temperatur tinggi, harus turun mesin..

      Hapus
    2. Grandmax saya slalu over heat ada atau tdknya termostat katanya gk ngaruh ama temprtur naik. udah di kasih termostat masih tetep naik.. Ternyata perpak nya yg bocor... Harus ganti perpak. .

      Hapus
    3. perpak mana ya yang diganti pak

      Hapus
  4. Buang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebnernya termostat untuk grandmax itu perlu gk sih apa mending di buang aja.....

      Hapus
    2. Penyakit mobil saya,sudah ganti kampas kopling 1set,awalnya setelah ganti ya enteng nginjaknya,setelah berapa bulan lagi,kok mulai keras lagi...

      Hapus
  5. Buang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah

    BalasHapus
  6. gran max saya punya penyakit sama, termostat sdh dilepas, tp msh sering panas, kadang normal sampai 3 bln lalu panas lg. terus berulang. kalo jalan jauh suka normal, tp kalo dekat sering panas. aneh! air radiator habis terus. kipas normal, pompa normal. radator sdh dicuci. ada mekanik bilang masalahnya di perpak deksel tp saya gak yakin karna suka normal sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
    2. Memang bisa jadi,, masalah nya dari Perpak kop slider nya saya juga banyak menghadapi kasus seperti itu terutama untuk jenis mobil granmax

      Hapus
    3. Itu perpaknya bg. Mobil Saya jg kaya gitu .. Udh ganti termkstat. .. Tetep aja.. Radiator udh di servis.. Segala macem.. Pas di scan.. Ternyata perpaknya ada kebocoran.. Jd aer cepet panas..

      Hapus
  7. Mobil grand max saya setelah panas,di servis kebengkel.kopnya sdh disekrap ko msh panas gimana itu mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu, Deisy.
      Mobil saya yg dulu, pernah mengalami, bulak balik turun mesin, akhirnya saya jual.

      Hapus
  8. pya sya grand max 2012 dgn kasus yg sama ga sembuh2. pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
    2. Gimana cara buang anginnys, waktu mesin hidup apa mati

      Hapus
  9. Ikut nyimak kondisi sama panas udh diganti waterpump thermostat n radiator masi juga panas ga normal indikator kadang hampir mentok turn lagi ke 1/2 help TS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
  10. saya kalo ganti coolant selalu buka neple itu, untuk buang angin sampe coolant keluar baru tutup lagi.

    BalasHapus
  11. Ekstra vent msh bagus,tp setrum ga nyampe k vent,sikringnya yg mana ya?

    BalasHapus
  12. Ada kah pengaruhnya getaran mobil yg kuat sama naik nya suhu panas pada mobil grand max

    BalasHapus
  13. Mohon penjelasan Pak.
    Apakah disaat membuka NEPEL tsb, Apakah MESIN HARUS HIDUP...?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  14. Sama Kasusunya dg saya .. gak beres beres... puuusing

    BalasHapus
  15. terima kasih banyak .... sangat membantu. saya dapat kasus yang sama, sekarang sudah ok lagi.

    BalasHapus
  16. Grandmax 2012 punya saya temperatur mesin cepat naik..nyala 5 menit saja sudah setengah jarum indikator nya...dan sya celupkan tangan di air radiator tdak panas, hangat pun tidak ada sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh

      Hapus
    2. Itu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh

      Hapus
  17. Mas, saya punya gran max..
    Masalah awal overheat gara gara sekring kipas putus.
    Silinder head d bongkar lalu d skrap.
    Gasket head silinder nya di ganti pakai yg asbes.
    Thermostat di ganti yg baru.
    Kabel kipas udah d jumper, saat kontak ON udah hidup.
    Tapi masih overheat? Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sprti yg saya alami skrang ini apa tdak ada Solusi dri para suhu sklian.??

      Hapus
  18. Gan... Mobil grandmax pick up 1.3 saya bermasalah pada air mesin radiator. Apabila mesin dihidupkan berjalan normal maka kipas radiator berputar nah pada saat kipas radiator berputar maka air yg ada didalam mesin akan muncrat keluar pada mesin dan akan habis ampe kering bila tertutup radiatornya maka airnya keluar dr selang pembuangan air radiator yg ada di penampung air radiator..apa nya yg rusak ya, terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg ini mah sudah sy alami juga alhamdulillah setelah ganti tutup radiator sudah gak ada lagi tetesan di selang atau habis

      Hapus
    2. Sama seperti granmax saya penyakit nya om,biasa itu ada masuk angin om...cb buka nipple pembuangan angin di bawah jok sebelah kiri,semoga membantu terimakasih

      Hapus
  19. Terima kasih informasinya mas sangat bermamfaat kejadian sama seperti mobil saya krn mobil bekas setelah saya periksa bagiannya sesuai petunjuk eh termostatnya nga ada dalam tabungnya mungkin rusak tp tdk d ganti tp pertama saya pake bagus padahal lumayan jauh perjalanan ngambil mobilnya lama2 kelamaan sering overhead untung ketemu artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasinya pak. Pengalaman pak Kardi diatas sama seperti yang saya alami.

    BalasHapus
  21. Pengalaman pak kardi sama persis dengan yg sy alami..
    Sudah sy ikuti langkah2nya tapi masih tetap anginan..
    Gimana yha solusinya..
    Monggo para suhu ditggu solusinya...?

    BalasHapus
  22. Apa ciri2 radiator nya buntu?
    Apa ciri2 waterpump radiator rusak?
    Terimakasih....

    BalasHapus
  23. Coba di ganti gasketnya/packing silinderheadnya biasanya kalaw gasketnya bocor mesin cepet panas dan air radiator berkurang karna masuk ke ruang bakar

    BalasHapus
  24. Grand max 2010, permasalahan sama
    Perpak, termos, kop sudah di sekrep
    Ketika kipas nyala ,air muncrat ke pembungan air radiator
    Minta solusinya ?

    BalasHapus
  25. Jangan sampai salah perpak/paking selinderhead grandmax dengan xenia avanza

    BalasHapus
    Balasan
    1. in maksud nya perpak granmax g bs d pasang ke avanza ya

      Hapus
    2. in maksud nya perpak granmax g bs d pasang ke avanza ya

      Hapus
  26. Yang lepas panel tadi saat mesin hidup/ mati..ya...para suhu trima kasih...

    BalasHapus
  27. Pembuangan air angin nya ada berapa grand mavmx 2010

    BalasHapus
  28. Ada berapa pembuangan aingin grand max 2010

    BalasHapus
  29. kalo ngebuang angin mesin harus nyala apa tigak,biar air keluar dri saluran pembuangan angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin dinyalakan, buka nepel pelaan pelan, dan dibantu 1 orang mengisi coolant melalui lubang pengisian radiator, jangan gunakan air biasa tapi gunakan coolant khusus untuk radiator untuk menghindari karat pada radiator.

      Hapus
  30. Waduuh ....mobil saya juga dapat masalah yang sama sekarang ni....overhead akibat semalam mengalami pecah selang radiator ....selang udah dganti...angin radiator nggak bisahilang kenapa gan...?

    BalasHapus
  31. Mau tanya om kalo kipas radiator grand max itu ketika mesin dinyalakan langsung muter, atau cuma kalau mesin panas baru muter. Maaf soalnya saya awam tentang mobil, suwun

    BalasHapus
  32. Mulai muter jika panas suhu 83c bang

    BalasHapus
  33. ADa hal yang di sepelekan...
    -masalah keterlambatan fan rdrt...
    Rilay sampe sensor suhu dan temperatur...

    - saya garis bawahi jangan 2-3 kali slinder haed mobil jenis ini di papas/skrap...

    -tidak ada scen mobil...
    Yang mampu menembus/deteksi air radiator bocor entah di kompresi ato oli....

    -scen hanya bisa men diagnosa sensor saja...

    -hati2 gagal servis dan bengkel abal2/tak sesuwe prosedur montir ,
    Yang ahirnya bisa2 mobil kamu di "LEM BIRU" lempar beli baru...
    -untuk masalah seputar permasalahan silah kan tanya2 ato inbook imael...

    -sekian dan trima kasih..Dan semoga membantu..

    -matur tankyou

    BalasHapus
  34. Saya mengaalami juga hal yg sama, granmax th 2008, sering overheat padahal sudah ga pake termostat, teryata radiator mampet, alhamdulillah setelah ganti radiator dan pasang termostat mesin tetap adem walaupun jalan jauh lebih dari 2 jam. Tapi pastikan bahwa sirkulasi air laancar, tidak ada kebocoran dan tidak kemasukan angin.

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

 

o2-fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates