Senin, 04 Februari 2013

35 Temperatur Tinggi Di Daihatsu Gran Max

Seorang teman, pak Kardi, menceritakan mobil nya (Daihatsu Gran Max, 2008) yg mengalami temperatur tinggi di hari Jumat malam, air radiator habis sementara air cadangan penuh, .Ketika radiator di isi air lagi, tak berapa lama temperatur tinggi lagi, air radiator sudah berkurang jauh.
Setelah dipanggil seorang montir, ternyata ada beberapa trik untuk mengatasinya.

Buka kursi depan sebelah kiri


Buka ke 2 baut dan ambil bagian termostat di dalamnya, bersihkan dengan air dan di sikat, sambil di tekan-tekan pegas termostat (termostat macet)


Lalu isi air radiator dengan membuka kap depan mobil dan dalam keadaan mesin hidup, agar tak ada udara di area water pump.


Bila masih kurang yakin, bukalah baut neple dengan kunci 10, secara perlahan, bila air mancur sempurna, artinya udara sudah dikeluarkan.


Sahabatku, pak Kardi..

Semoga bisa membawa manfaat.

35 komentar:

  1. Alhamdulillah...terimakasih banyak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...terimakasih banyak...

    BalasHapus
  3. Ini mobil saya ngak bisa nyala/macet ternyata tutup radiator kubuka.gimana solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau sampai mesinnya macet karena temperatur tinggi, harus turun mesin..

      Hapus
  4. Buang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah

    BalasHapus
  5. Buang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah

    BalasHapus
  6. gran max saya punya penyakit sama, termostat sdh dilepas, tp msh sering panas, kadang normal sampai 3 bln lalu panas lg. terus berulang. kalo jalan jauh suka normal, tp kalo dekat sering panas. aneh! air radiator habis terus. kipas normal, pompa normal. radator sdh dicuci. ada mekanik bilang masalahnya di perpak deksel tp saya gak yakin karna suka normal sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
    2. Memang bisa jadi,, masalah nya dari Perpak kop slider nya saya juga banyak menghadapi kasus seperti itu terutama untuk jenis mobil granmax

      Hapus
  7. Mobil grand max saya setelah panas,di servis kebengkel.kopnya sdh disekrap ko msh panas gimana itu mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu, Deisy.
      Mobil saya yg dulu, pernah mengalami, bulak balik turun mesin, akhirnya saya jual.

      Hapus
  8. pya sya grand max 2012 dgn kasus yg sama ga sembuh2. pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
    2. Gimana cara buang anginnys, waktu mesin hidup apa mati

      Hapus
  9. Ikut nyimak kondisi sama panas udh diganti waterpump thermostat n radiator masi juga panas ga normal indikator kadang hampir mentok turn lagi ke 1/2 help TS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.

      Hapus
  10. saya kalo ganti coolant selalu buka neple itu, untuk buang angin sampe coolant keluar baru tutup lagi.

    BalasHapus
  11. Ekstra vent msh bagus,tp setrum ga nyampe k vent,sikringnya yg mana ya?

    BalasHapus
  12. Ada kah pengaruhnya getaran mobil yg kuat sama naik nya suhu panas pada mobil grand max

    BalasHapus
  13. Mohon penjelasan Pak.
    Apakah disaat membuka NEPEL tsb, Apakah MESIN HARUS HIDUP...?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  14. Sama Kasusunya dg saya .. gak beres beres... puuusing

    BalasHapus
  15. terima kasih banyak .... sangat membantu. saya dapat kasus yang sama, sekarang sudah ok lagi.

    BalasHapus
  16. Grandmax 2012 punya saya temperatur mesin cepat naik..nyala 5 menit saja sudah setengah jarum indikator nya...dan sya celupkan tangan di air radiator tdak panas, hangat pun tidak ada sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh

      Hapus
    2. Itu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh

      Hapus
  17. Mas, saya punya gran max..
    Masalah awal overheat gara gara sekring kipas putus.
    Silinder head d bongkar lalu d skrap.
    Gasket head silinder nya di ganti pakai yg asbes.
    Thermostat di ganti yg baru.
    Kabel kipas udah d jumper, saat kontak ON udah hidup.
    Tapi masih overheat? Kenapa ya?

    BalasHapus
  18. Gan... Mobil grandmax pick up 1.3 saya bermasalah pada air mesin radiator. Apabila mesin dihidupkan berjalan normal maka kipas radiator berputar nah pada saat kipas radiator berputar maka air yg ada didalam mesin akan muncrat keluar pada mesin dan akan habis ampe kering bila tertutup radiatornya maka airnya keluar dr selang pembuangan air radiator yg ada di penampung air radiator..apa nya yg rusak ya, terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg ini mah sudah sy alami juga alhamdulillah setelah ganti tutup radiator sudah gak ada lagi tetesan di selang atau habis

      Hapus
  19. Terima kasih informasinya mas sangat bermamfaat kejadian sama seperti mobil saya krn mobil bekas setelah saya periksa bagiannya sesuai petunjuk eh termostatnya nga ada dalam tabungnya mungkin rusak tp tdk d ganti tp pertama saya pake bagus padahal lumayan jauh perjalanan ngambil mobilnya lama2 kelamaan sering overhead untung ketemu artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasinya pak. Pengalaman pak Kardi diatas sama seperti yang saya alami.

    BalasHapus
  21. Pengalaman pak kardi sama persis dengan yg sy alami..
    Sudah sy ikuti langkah2nya tapi masih tetap anginan..
    Gimana yha solusinya..
    Monggo para suhu ditggu solusinya...?

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

 

o2-fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates