Seorang teman, pak Kardi, menceritakan mobil nya (Daihatsu Gran Max, 2008) yg mengalami temperatur tinggi di hari Jumat malam, air radiator habis sementara air cadangan penuh, .Ketika radiator di isi air lagi, tak berapa lama temperatur tinggi lagi, air radiator sudah berkurang jauh.
Setelah dipanggil seorang montir, ternyata ada beberapa trik untuk mengatasinya.
Buka kursi depan sebelah kiri
Buka ke 2 baut dan ambil bagian termostat di dalamnya, bersihkan dengan air dan di sikat, sambil di tekan-tekan pegas termostat (termostat macet)
Lalu isi air radiator dengan membuka kap depan mobil dan dalam keadaan mesin hidup, agar tak ada udara di area water pump.
Bila masih kurang yakin, bukalah baut neple dengan kunci 10, secara perlahan, bila air mancur sempurna, artinya udara sudah dikeluarkan.
Sahabatku, pak Kardi..
Semoga bisa membawa manfaat.
Senin, 04 Februari 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular posts
-
Masih ingat modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya Uda Ilin, beliau dulu dikenal dengan panggilan Alay, sewaktu masih menjadi mekan...
-
1. Apabila gambar di layar tidak full 2. Kita menginginkan gambar di layar terlihat penuh 3. Remote LG TV LCD ...
-
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tid...
-
Bila sekring mobil sudah mulai sering putus, sering panas, bahkan meleleh, itu merupakan tanda, bahwa rumah sekring mobil sudah mengalami ke...
-
Biasanya bila akan menggelar suatu acara, kita tidak mengharapkan hujan turun saat acara berlangsung. Mitos yg cukup terkenal untuk jadi pen...
-
1.Bila masih ada celah untuk mengambil, misalnya, mengambil fisher di tembok, bisa digunakan tang lancip, seperti pada g...
-
Dari dulu saya suka korek api Zippo, terutama tipe cangklong. Bentuknya yg unik plus tahan terhadap angin, malah menjadi sulit menyalakan r...
-
Masih ingat postingan Modifikasi Jeep sebelumnya?, ini adalah modifikasi jeep yg selanjutnya. Modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya...
-
Beberapa hari yg lalu, keponakanku, Teguh, membawa sebuah korek api Zippo milik temannya, Rifa, yg tidak bisa menyala, padahal korek tersebu...
-
Sedari dahulu saya selalu mengalami kesulitan dalam hapal hapalan. Alhamdulillah saya menemukan cara yg lebih mudah agar dapat menghapal aya...
Ada jual nepel nya kah mas??
BalasHapusPasti ada mas..
HapusBerapa kira2 harga karburator untuk grandmax..??
HapusSulit nemu nepel anginnya..kbnyakan universal dan harus dipermak lagi ke tukg bubu spy pas
HapusAlhamdulillah...terimakasih banyak...
BalasHapusAlhamdulillah...terimakasih banyak...
BalasHapusIni mobil saya ngak bisa nyala/macet ternyata tutup radiator kubuka.gimana solusinya gan
BalasHapusBiasanya kalau sampai mesinnya macet karena temperatur tinggi, harus turun mesin..
HapusGrandmax saya slalu over heat ada atau tdknya termostat katanya gk ngaruh ama temprtur naik. udah di kasih termostat masih tetep naik.. Ternyata perpak nya yg bocor... Harus ganti perpak. .
Hapusperpak mana ya yang diganti pak
HapusBuang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah
BalasHapusSebnernya termostat untuk grandmax itu perlu gk sih apa mending di buang aja.....
HapusPenyakit mobil saya,sudah ganti kampas kopling 1set,awalnya setelah ganti ya enteng nginjaknya,setelah berapa bulan lagi,kok mulai keras lagi...
HapusThermostats untuk mengatur keluar masuknya air
Hapusbiasanya kalau penyakitnya di termostat rusak, diganti baru aja.
HapusTermostat berguna agar temperatur ideal mesin mobil dapat dicapai dalam waktu singkat.
Buang karet trometer .. Trus pasang lagi sembuh dah
BalasHapusgran max saya punya penyakit sama, termostat sdh dilepas, tp msh sering panas, kadang normal sampai 3 bln lalu panas lg. terus berulang. kalo jalan jauh suka normal, tp kalo dekat sering panas. aneh! air radiator habis terus. kipas normal, pompa normal. radator sdh dicuci. ada mekanik bilang masalahnya di perpak deksel tp saya gak yakin karna suka normal sendiri.
BalasHapusSepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.
HapusMemang bisa jadi,, masalah nya dari Perpak kop slider nya saya juga banyak menghadapi kasus seperti itu terutama untuk jenis mobil granmax
HapusItu perpaknya bg. Mobil Saya jg kaya gitu .. Udh ganti termkstat. .. Tetep aja.. Radiator udh di servis.. Segala macem.. Pas di scan.. Ternyata perpaknya ada kebocoran.. Jd aer cepet panas..
HapusAbis berapa ganti perpak ny om
HapusMobil grand max saya setelah panas,di servis kebengkel.kopnya sdh disekrap ko msh panas gimana itu mas?
BalasHapusWah saya kurang tahu, Deisy.
HapusMobil saya yg dulu, pernah mengalami, bulak balik turun mesin, akhirnya saya jual.
pya sya grand max 2012 dgn kasus yg sama ga sembuh2. pusing
BalasHapusSepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.
HapusGimana cara buang anginnys, waktu mesin hidup apa mati
HapusIkut nyimak kondisi sama panas udh diganti waterpump thermostat n radiator masi juga panas ga normal indikator kadang hampir mentok turn lagi ke 1/2 help TS
BalasHapusSepertinya kasusnya sama dengan pak Kardi, coba dibaca lagi pak, dipelajari dan dicoba buka baut nepelnya, barangkali memang ada udara yg terjebak, yg hanya bisa dikeluarkan dari nepelnya.
Hapussaya kalo ganti coolant selalu buka neple itu, untuk buang angin sampe coolant keluar baru tutup lagi.
BalasHapusMaantabs..
HapusEkstra vent msh bagus,tp setrum ga nyampe k vent,sikringnya yg mana ya?
BalasHapusdicoba satu persatu aja pak, memakai tespen 12 v.
Hapussaya juga kurang tahu letak sekring extra fan ada dimana.
thx.
Ada kah pengaruhnya getaran mobil yg kuat sama naik nya suhu panas pada mobil grand max
BalasHapuskalau getaran sepertinya tidak pak.
Hapussuhu panas biasanya dari radiator bocor atau mampet, termostat sudah rusak, water pump dan extra fan.
Mohon penjelasan Pak.
BalasHapusApakah disaat membuka NEPEL tsb, Apakah MESIN HARUS HIDUP...?
Terimakasih.
iya pak, dalam keadaan hidup aja pak..
HapusSama Kasusunya dg saya .. gak beres beres... puuusing
BalasHapusterima kasih banyak .... sangat membantu. saya dapat kasus yang sama, sekarang sudah ok lagi.
BalasHapusGrandmax 2012 punya saya temperatur mesin cepat naik..nyala 5 menit saja sudah setengah jarum indikator nya...dan sya celupkan tangan di air radiator tdak panas, hangat pun tidak ada sama sekali
BalasHapusItu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh
HapusItu perpak slinder kop nya bocor pak,, makanya tempratur cepat naik,, coba di ganti pasti sembuh
HapusMas, saya punya gran max..
BalasHapusMasalah awal overheat gara gara sekring kipas putus.
Silinder head d bongkar lalu d skrap.
Gasket head silinder nya di ganti pakai yg asbes.
Thermostat di ganti yg baru.
Kabel kipas udah d jumper, saat kontak ON udah hidup.
Tapi masih overheat? Kenapa ya?
Sama sprti yg saya alami skrang ini apa tdak ada Solusi dri para suhu sklian.??
Hapuskasusnya sama om, mobil sy baru 3hari
Hapusudh servis radiator, ganti termostat ganti kipas
masih tetep over
jarak 500mtr ampere naik mentok
ampe sekarang blm ketemu penyakitnya
Gan... Mobil grandmax pick up 1.3 saya bermasalah pada air mesin radiator. Apabila mesin dihidupkan berjalan normal maka kipas radiator berputar nah pada saat kipas radiator berputar maka air yg ada didalam mesin akan muncrat keluar pada mesin dan akan habis ampe kering bila tertutup radiatornya maka airnya keluar dr selang pembuangan air radiator yg ada di penampung air radiator..apa nya yg rusak ya, terima kasih sebelum nya
BalasHapusKalau yg ini mah sudah sy alami juga alhamdulillah setelah ganti tutup radiator sudah gak ada lagi tetesan di selang atau habis
HapusSama seperti granmax saya penyakit nya om,biasa itu ada masuk angin om...cb buka nipple pembuangan angin di bawah jok sebelah kiri,semoga membantu terimakasih
HapusAlasan temperatur tinggi pada mobil banyak kemungkinannya:
Hapus- dari nepel
- water pump rusak
- radiator mampet
- radiator bocor pada selang (tua), retak di pipa,
- tutup radiator sudah rusak, ganti yg Asli berkaret lembut
- Extra fan mati
- extra fan sudah lemah, kejadian kemarin, pengalaman temperatur tinggi.
http://o2-fresh.blogspot.com/2020/08/mengganti-motor-extra-fan-baru-tanpa-ke.html
Terima kasih informasinya mas sangat bermamfaat kejadian sama seperti mobil saya krn mobil bekas setelah saya periksa bagiannya sesuai petunjuk eh termostatnya nga ada dalam tabungnya mungkin rusak tp tdk d ganti tp pertama saya pake bagus padahal lumayan jauh perjalanan ngambil mobilnya lama2 kelamaan sering overhead untung ketemu artikel ini sangat membantu
BalasHapusTerima kasih atas informasinya pak. Pengalaman pak Kardi diatas sama seperti yang saya alami.
BalasHapusPengalaman pak kardi sama persis dengan yg sy alami..
BalasHapusSudah sy ikuti langkah2nya tapi masih tetap anginan..
Gimana yha solusinya..
Monggo para suhu ditggu solusinya...?
pengisian air dilakukan pada saat mesin hidup.
Hapusperhatikan apakah ada kebocoran
Apa ciri2 radiator nya buntu?
BalasHapusApa ciri2 waterpump radiator rusak?
Terimakasih....
Coba di ganti gasketnya/packing silinderheadnya biasanya kalaw gasketnya bocor mesin cepet panas dan air radiator berkurang karna masuk ke ruang bakar
BalasHapusGrand max 2010, permasalahan sama
BalasHapusPerpak, termos, kop sudah di sekrep
Ketika kipas nyala ,air muncrat ke pembungan air radiator
Minta solusinya ?
👍
BalasHapusJangan sampai salah perpak/paking selinderhead grandmax dengan xenia avanza
BalasHapusin maksud nya perpak granmax g bs d pasang ke avanza ya
Hapusin maksud nya perpak granmax g bs d pasang ke avanza ya
HapusYang lepas panel tadi saat mesin hidup/ mati..ya...para suhu trima kasih...
BalasHapusPembuangan air angin nya ada berapa grand mavmx 2010
BalasHapusAda berapa pembuangan aingin grand max 2010
BalasHapus1 pembuangan
Hapuskalo ngebuang angin mesin harus nyala apa tigak,biar air keluar dri saluran pembuangan angin
BalasHapusMesin dinyalakan, buka nepel pelaan pelan, dan dibantu 1 orang mengisi coolant melalui lubang pengisian radiator, jangan gunakan air biasa tapi gunakan coolant khusus untuk radiator untuk menghindari karat pada radiator.
HapusWaduuh ....mobil saya juga dapat masalah yang sama sekarang ni....overhead akibat semalam mengalami pecah selang radiator ....selang udah dganti...angin radiator nggak bisahilang kenapa gan...?
BalasHapusMau tanya om kalo kipas radiator grand max itu ketika mesin dinyalakan langsung muter, atau cuma kalau mesin panas baru muter. Maaf soalnya saya awam tentang mobil, suwun
BalasHapusMulai muter jika panas suhu 83c bang
BalasHapusMas suhu 83c itu.jarumx spedo posisi apa pas ditengah trimk
HapusADa hal yang di sepelekan...
BalasHapus-masalah keterlambatan fan rdrt...
Rilay sampe sensor suhu dan temperatur...
- saya garis bawahi jangan 2-3 kali slinder haed mobil jenis ini di papas/skrap...
-tidak ada scen mobil...
Yang mampu menembus/deteksi air radiator bocor entah di kompresi ato oli....
-scen hanya bisa men diagnosa sensor saja...
-hati2 gagal servis dan bengkel abal2/tak sesuwe prosedur montir ,
Yang ahirnya bisa2 mobil kamu di "LEM BIRU" lempar beli baru...
-untuk masalah seputar permasalahan silah kan tanya2 ato inbook imael...
-sekian dan trima kasih..Dan semoga membantu..
-matur tankyou
Saya mengaalami juga hal yg sama, granmax th 2008, sering overheat padahal sudah ga pake termostat, teryata radiator mampet, alhamdulillah setelah ganti radiator dan pasang termostat mesin tetap adem walaupun jalan jauh lebih dari 2 jam. Tapi pastikan bahwa sirkulasi air laancar, tidak ada kebocoran dan tidak kemasukan angin.
BalasHapussaya juga mengalami hal demikian
BalasHapuskarera sering panas, bengkel menngatakan bahwa yg rusak adalah packing deksel, setelah di ganti packingnya memang bagus tapi cuma tahan 2 bulan saja, setelah itu berulah kembali panas terus,
setelah itu saya bawa ke bengkel lain diperiksa, lalu termostat di buang setelah satu minggu, kembali panas lagi kemudian di bongkar lagi lalu deksel di scrub, setelah di scrub tetap panas, jadi montirnya menyarankan utk mengganti langsung mesinnya
saya mau minta solusinya apakah memang harus ganti mesin, tlg balasannya,tks
Pak mau nanya klu mbl granmax kipas radiator ga nyala apa nya y..trus airnya panas bangt..trima kasih
BalasHapusSama seperti sy, sdh ganti termostat dan selang radiator, Tp temperatur tetep naik..Kira2 pa nya lg ya? Barangkali da yg tau bisa di info suhu.. Tks
BalasHapussama problem nya udah ganti radiator papas head paking baru termostar baru waterpump baru tutup radiator baru msh naik ajah temperaturnya
BalasHapusSaya punya masalah air radiator muncrat apa bila kipas radiatornya putar, lewat selang penampungan akhir air radiator apa peyebab ya
BalasHapusExtra fan nya (kipas radiatornya)sudah saatnya di ganti.. dia punya masa pakai (luxio saya diganti orisinal setelah pemakaian 100 ribu Km.) Kemudian cek derajat dari thermostat.. suhu atas/ bawah. Ingat thermostat juga ada usia pakainya.. jangan coba ngakal-ngakalin dengan cara lain.. (gak bakal awet, palingan bertahan sebulan dua bulan) tapi imbasnya mesin malah makin RINGKIH (engine fatigue) akibat overheat yang terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama.
BalasHapusPunya saya maslah nya aneh grandmax th 2010 udah ganti thermostat udah ganti switch temperatur...kasusa nya temp baru start udah naik...air radiator sering kurang..adapun kipas jln tapi ngak berhenti nyala terus..apa harus di ganti paking selinder head nya gan..mohon penceraha
BalasHapusMobil sy luxio th 2009 sbelum perjlanan sy nyuci steam dulu trus melnjutkannperjalan tiba tba ac berasa ga dingin,temperatur naik sy matikan mesin sy nyalain lagi tempertur normal ac dingin stlah smpe di tjuan sy pulang lg kendala nya sma tmpertur naik indikasi sy maslah di kipas radiator..stelah sampe rmh mobil slma bbrp hari sy diemin pas sy coba lg normal sperti biasa tp klw kontak on todak ada suara sperti fan bunyi..untuk kndalany dri mana? mohon pencerahanya gan
BalasHapusini mungkin hampir sama dengan pengalaman kemarin ini,
Hapushttp://o2-fresh.blogspot.com/2020/08/mengganti-motor-extra-fan-baru-tanpa-ke.html
jadi extra fan sudah lemah, pilihannya cuma 2, harus di service atau ganti baru.
punya saya kalau temperatur naik, air muncrat dri baut nepel, sudah ganti baut, masih sama tetap muncrat, , , , , ,mohon pencerahannya.
BalasHapussaya belum pernah mengalaminya, barangkali teman2 ada yg pernah mengalami bisa memberikan jawabannya..
Hapus