Selasa, 18 Oktober 2011

47 Belajar Piano Secara Otodidak.





Belajar Piano Secara Otodidak.

Belajar Latihan Tangga Nada dan Chord.

Saya senang memainkan alat musik gitar, sampai pada suatu saat saya ingin bisa memainkan piano. Jadi yg saya lakukan kemudian, menghentikan total memainkan gitar dan menyalurkannya ke keyboard. Karna saya tidak bisa memainkannya, maka saya hanya memainkan tangga nada, selama 1-2 jam dan dilakukan secara rutin, setiap hari. Pada awalnya dengan 1 tangan. Sekitar 1 minggu kemudian, setelah lancar dengan 1 tangan, barulah mencoba menggunakan kedua tangan.
Kemudian saya coba melatih tangan kiri untuk memainkan chord, karna saya tidak tahu jenis petikannya (istilah pada gitar), maka saya coba meniru jenis petikan pada permainan gitar, hasilnya lumayan, tidak terlalu buruklah.. ^_^
Sebenarnya, langkah terberat adalah di minggu petama, saat baru memulai mengenalkan jari kita ke tuts keyboard/ piano. Tetapi bila bisa melewatinya, dijamin, harimu kedepan akan menjadi lebih indah karna nada hatimu akan bisa dimainkan dan diperdengarkan secara nyata.

Latihan Tangga Nada dan Latihan Chord & Tangga Nada, cobalah lakukan sesering mungkin dan jangan pernah merasa bosan, agar tangan kirimu terbiasa memainkan chord-chord pengiring dan peletakan jari tangan kananmu berada diposisi yang tepat dan lincah memainkan melodi pada tuts piano atau keyboard.
Untuk memandu bermain di chord mana dan kapan harus pindah ke chord lainnya, bloger bisa melihat lagu2 dari buku musik, sementara untuk notasinya.. gunakan perasaanmu untuk mencarinya.
Chord dan Tangga Nada disarankan untuk sementara dimainkan di nada dasar kunci C, untuk memudahkan latihan pada jari-jari tanganmu dan kepekaan perasaanmu terhadap nada. Pada keyboard (tidak pada piano) ada tombol transpose, yg akan menyesuaikan suara output dari keyboard untuk bermain diluar nada dasar kunci C.
Semoga para bloger bisa memainkan piano/ keyboard dirumah
Silahkan mencoba.

Belajar Tangga Nada


Belajar Chord dan Tangga Nada


Lihat juga:
Belajar Piano Secara Otodidak 2
Belajar Piano Secara Otodidak 3
CONTOH LAGU

47 komentar:

  1. saya main pianonya di pc sob, pake software...

    BalasHapus
  2. wah.., memainkan di pc-nya seperti apa ya?
    Asis pake software apa, kalo boleh tahu?
    terimakasih ^_^

    BalasHapus
  3. Here to visit and check out your site my fried.

    Good evening and keep in touch!

    BalasHapus
  4. waduuuuhhhh saya kurang ngerti tentang nada, tapi infonya menarik untuk saya baca ;)

    BalasHapus
  5. Thank you Michael, hopefully be able to benefit.
    Success for you..

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas kunjungannya, Persada Blog.
    Semoga dapat membawa manfaat.
    Thx.

    BalasHapus
  7. wach,mantab mantab lagunya,ajarin donk bermain piano ny,,,hehe

    BalasHapus
  8. terimakasih bunggsu, coba pelajari tangga nada dan latihan chord.., jangan pernah bosan.. agar penempatan jari jadi terbiasa dan berada di posisi yg tepat.
    saya melakukan kedua latihan diatas, dan perlu waktu sekitar 10 harian untuk bisa membiasakan dan memainkan lagu bunda.
    sukses untukmu, bunggsu..

    BalasHapus
  9. mantab sobat...belajar piano dengan otodidak sungguh talenta yang luarbiasa :-)

    BalasHapus
  10. terimakasih BlogS of Hariyanto, semua itu bisa saya lakukan.., karna sebenarnya sudah jenuh dengan bermain gitar.., dan ingin sekali bisa memainkan piano/ keyboard.
    mau kursus.., sudah merasa tua.., alhasil mencari cara tersingkat seperti diatas.., alhamdulillah bisa tercapai walaupun secara trial n error.
    semoga pengalaman saya bisa membawa manfaat ya..
    thx.

    BalasHapus
  11. Happy New Year 2012
    Hello, This is nice post. I thank you very much.
    I visit and give your full support ads and please support ads me back. Thank you in advance.

    BalasHapus
  12. happy new year GLace Tlng..
    hopefully could bring benefit to the crowds of people .
    thank you GLace Tlng . hopefully friendship this is going to forever

    BalasHapus
  13. Kunjungan balik sobattt
    Saya ingin sekali sebenarnya belajar memainkan musik terutama biola, tapi di rumah gak ada yang bisa ngajari
    Alhasil sampai sekarang cuma bisa bermimpi
    Mau ikut kursus malu soalnya udah gedhe

    BalasHapus
  14. terimakasih kunjungannya rizki_ris
    coba ambil impianmu.. jangan ragu mewujudkannya.
    Biola.. alat musik yg romantis, pasti hatimu juga akan tergetar saat memainkannya.. ^_^

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. pingin deh bisa bermain piano seperti pak arief tp blm py kesempatan n waktu yg tepat.

    BalasHapus
  17. terimakasih yannovita,
    insya allah.. diberikan kesempatan ya..
    amien..

    BalasHapus
  18. terimakasih sudah mendengarkan.. ^_^

    BalasHapus
  19. wow...
    sy cm bisa blg wow.. krn speechless, kl smua jari sy adlh jempol, akan sy acungkan semua.stiap dengar yang petik2 bgt sy kepengin skl, ada organ nganggur,lha wong not balok (yg bendera2) saja buta, jari2 jg tdk gemulai,bgmn sy bs.terima kasih pokoknya.oh iya ada lanjutannya tidak pak, belajar piano season 2 begitu? can't wait.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.., terimakasih k..
      belajar pianonya cuma segitu-gitunya.. hehe..
      semoga bisa bawa manfaat ya k..

      Hapus
  20. Bagus pemanasan jarinya mas,.. Salam kenal yasa, saya juga masih dalam tahap belajar....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Ndahbiz..
      salam kenal kembali..
      wah.. jd ingin mendengar nih.. ^_^

      Hapus
  21. terimakasih banyak

    BalasHapus
  22. Terimakasih postingannya pak.. bagus.
    Oya. salam kenal.. saya Ahmad Faisal Ridwan.
    Saya sudah bisa piano tapi belum mahir.. mau dikembangin lagi tapi tidak punya alat musiknya (piano).. saya hanya punya gitar akustik.. pengen banget ngembangin belajar pianonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak Ahmad,
      Kalo pianonya di gantikan keyboard + Sustain bagaimana pak, paling tidak cara memainkannya sudah sama seperti piano.
      Usahakan sarananya, agar bisa latihan secara rutin.
      terimakasih Ahmad Faisal Ridwan, sukses untukmu..

      Hapus
  23. Balasan
    1. terimakasih rumah dijual, semoga, amien YRA..

      Hapus
  24. Balasan
    1. terimakasih jantung koroner, saya angkat dari pengalaman pribadi.
      untuk DR. Rosa, ada info:
      http://o2-fresh.blogspot.com/2012/12/ucapan-terimakasih-dan-persyaratan-kjs.html

      Hapus
  25. gan, sya mau nanya, untuk bermain chord dan tangga nada itu, harus lancar tangga nada dlu tangan kanan dan kiri ?
    mohon bimbingannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya dulu yg saya latih adalah tangga nada, ketika mulai bosan berlatih tangga nada, saya mainkan latihan chord. keduanya tak bisa dipisahkan.
      cobalah lakukan latihan chord dalam tempo perlahan dan touch (sentuhan/ ketukan jari) yg lembut, kemudian secara perlahan naikkan temponya dan berikan touch yg agak keras.., lalu perlahan berakhir, kembali ke tempo lambat dan sentuhan yg lembut.
      latihan seperti ini akan membuat gerakan jari2mu sesuai dengan apa yg ada diperasaanmu.
      kalau ada waktu, cobalah lihat belajar piano 2 & 3, agar tidak bosan berlatih..
      terimakasih Yunus Ramadhan..

      Hapus
  26. bisa dibuatkan kunci melodinya lagu d'cinnamons yang selamnya cinta? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saya minta alamat email nya?
      thx anonim.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Salam kenal pak, saya dalam bermain piano terkendala dengan melodi, bgaimana yah pak cara mudah untuk mendapatkan/memainkan melodi, saya bosan bermain hanya stuck pda chordnya saja, rsanya lagunya kurang ramai dan kurang berisi. Terimakasih pak sebelumnya...

    BalasHapus
  29. yey, nambah wawasan juga buat yg udah sedikit sedikit bisa hehe. thank you pak

    BalasHapus
  30. salam kenal pak . . terimakasih artikelnya, semoga bermanfaat.
    6 Cara Belajar Piano Untuk Pemula

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

 

o2-fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates