Sabtu, 29 Februari 2020

0 Cara Mengatasi Bulu Babi yg Menancap di Kaki

Bagi yg sering pergi ke laut, pasti pernah mendengar binatang yg bernama bulu babi. Sahabat baik saya, pak Doddy pernah punya pengalaman dengan hewan ini, berikut kisahnya.

Bulu babi atau biasa juga dikenal dengan landak laut, meskipun bentuknya relatif kecil, namun jika menusuk ke kaki kita akan menyebabkan rasa sakit sampai merinding sekujur tubuh.


Bulu babi merupakan jenis echinodermata (hewan dengan kulit berduri) yang sering dijumpai di pantai ataupun laut yang dangkal. Gerakannya lamban dan tidak agresif menyerang. Namun, seringkali kita menginjaknya saat berenang di pantai.
Orang yang terkena tusukan bulu babi secara umum akan merasa kesakitan dan meriang seluruh tubuh. Meskipun ada keinginan kuat untuk mencabutnya, namun bisa dipastikan hal tersebut sia-sia belaka. Jangankan mencabut, meraba duri yang telah tertancap pada kakipun dijamin sulit dilakukan, karena duri bulu babi sangat rapuh, sehingga hampir mustahil mengeluarkan secara utuh.

Apabila terkena bulu babi, jangan panik dulu. Berikut ada cara tradisional yang telah terbukti ampuh mengeluarkan duri bulu babi dari tubuh kita, sekaligus mencegah infeksi ke dalam tubuh. 
Jangan terlalu lama menunggu. Segera lakukan cara tradisional ini, sebab dikhawatirkan jika terlalu lama, racun akan menjalar ke seluruh tubuh dan bisa menyebabkan meriang akibat infeksi.
Cara tradisional yang dimaksud adalah:
  • Pertama-tama segeralah mengencingi bagian tubuh yang tertusuk duri.  Cara ini diyakini mengurangi dampak infeksi akibat tusukan. Memang terkesan menjijikkan, namun banyak yang telah membuktikan, termasuk saya sendiri.
  • Tahap selanjutnya adalah dengan cara memukul-mukul bagian yang terkena duri dengan batu kecil.  Batu ini mudah ditemukan di sekitar pantai.  Diharapkan dengan demikian duri akan hancur dan lebih mudah keluar.  
Untuk pengobatan mengantisipasi racun yang masih tertinggal disarankan agar segera ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan obat antibiotik agar racun dalam tubuh bisa dinetralisasi.
Menurut pengalaman pribadi, duri akan sepenuhnya keluar setelah 2-3 hari.

Sahabat baikku, Pak Doddy

Semoga bisa membawa manfaat.

Thx,  ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates