Senin, 29 Maret 2010

14 Ganti Kampas Rem Depan (disk)

1. Dongkrak dan lepaskan ban depan mobil yang akan diganti kampas remnya





















2. Kendorkan baut sebelah atas dengan gerakan menekan kunci inggris kearah bawah




















3. Lepaskan baut bagian bawah, dengan gerakan yg sama seperti diatas, menekan kunci inggris kearah bawah




















4. Apabila mengalami kesulitan saat membuka, pegang mur sebelah dalam dengan menggunakan kunci pas, seperti terlihat di atas, sambil melakukan gerakan menahan




















5. Buka tutup disk, seperti terlihat digambar

























6. Lepaskan kampas rem yang akan diganti, dengan gerakan kearah luar





















7. Lakukan hal yang sama, lepas kampas bagian dalam, dengan gerakan kearah dalam




















8. Lepaskan plat yang menempel pada kampas yang lama, dan pasangkan ke kampas baru





















9. Buka tutup minyak rem, karena tinggi permukaan minyak rem akan naik. Perhatikan saat mendorong masuk piston kemungkinan luber, sedot kelebihan minyak dengan menggunakan alat suntik tinta printer




















10. Dorong piston rem dengan menggunakan kunci roda




















11. Beri ganjal, misalnya dengan kunci inggris atau dengan kampas rem bekas, agar piston rem terdorong masuk lebih dalam, agar kampas rem dapat terpasang, tidak terganjal




















12. Cuci disk dan pasang kampas yang baru, dengan posisi mencontoh letak kampas yang lama, pasang dan kencangkan baut-baut dengan arah menekan keatas. Pasang ban dan lepaskan dongrak.





14 komentar:

  1. Salam kenal pak..terimakasih,posting-postingnya sangat ku suka.kebetulan saya seneng utak-atik mobil sendiri.lebih tepatnya gak punya cukup duit buat ke bengkel..he..he..he..kemarin saya baru saja sukses mengatasi masalah rem tangan mbl zebra saya yang gak pakem.sudah berbulan-bulan masalah ini mengganggu pikiran saya.Dan akhirnya kemarin ketemu permasalahannya akibat gerigi setelan yang di dalam tromol aus sehingga merosot terus.solusinya saya bikin gerigi sendiri pake' kikir.dan hasilnya sangat memuaskan..

    BalasHapus
  2. wah.., bagus idenya pak..
    boleh ga, difoto dan berikan cerita singkatnya, biar nanti saya postingkan di o2 fresh.
    terimakasih bambang wiharmonis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat email saya: arif.hafid@ymail.com

      Hapus
  3. Siang pak, salam kenal
    Saya ada permasalahan di bagian rem depan. Ketika pedal rem di injak terdengar bunyi mendecit seperti kampas rem yang sudah aus. Akhirnya saya ganti kampas remnya dgn yang orisinil namun masalah tidak hilang. Tanya sana-sini, ada yang menyarankan agar membubut cakram karena kemungkinan permukaan tidak rata. Setelah saya bubut, bunyi tersebut menghilang, tapi kini setelah sebulan bunyi timbul kembali. Kira2 bunyi tersebut timbul darimana ya pak. Mohon pencerahannya. Trims
    Ibrahim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mengalaminya pak,
      coba sisi kampas rem di gosok dengan menggunakan kikir atau gerinda, hanya sebatas menghilangkan lapisan serbuk besi & debu yg sudah menyatu dengan kampas rem (warnanya hitam mengkilat). Setelah lapisan tersebut dihilangkan, kampas berwarna kecoklatan, pasangkan kembali seperti semula.
      semoga berhasil ya pak, thx.

      Hapus
  4. Wah Pak arif sangat kreatif dan baik hati memberi pengalaman2 pribadi yang sangat berguna. terima kasih banyak pak.

    Salam
    Dedy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak Dedy, semoga bisa membawa manfaat, amien.
      terimakasih kembali..

      Hapus
  5. maaf pak Arif baru sempet mbalas..masalahnya alamat blognya lupa tidak saya bookmark.akhirnya alhamdulillah ketemu lagi..oh ya pak,untuk setelan rem tangan kapan2 insyaAllah akan saya foto2 termasuk cara pengerjaannya.sambil perawatan tromol..wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak bambang wiharmonis, ditunggu kiriman foto dan cara2 pengerjaan rem tangannya..
      semoga bisa membawa manfaat bagi orang banyak, amien..

      Hapus
  6. makasih pa, sangat bermanfaat untuk pembuatan laporan saya :)

    BalasHapus
  7. Cara press pistonnya kreatif min. Jadi ga perlu spesial tools ya :)

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas tutornya, setelah mengganti kanpas baru timbul masalah baru, kanpas melekat pada cakram, setelah diinjak pdal rem, kanpas tidak kembali membuka, tolong solusinya pak. Terima kasih.

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

 

o2-fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates