Kamis, 09 Oktober 2014

0 Suara Keras dari Extra Fan, bermasalah?

Sekitar 2 minggu yg lalu, muncul suara ngorok yg cukup keras dari arah mesin mobil, saat itu jalanan tengah macet parah. Saya langsung melihat indikator temperatur mesin pada posisi setengah, lalu tak lama suara itu hilang. Sepertinya suara itu muncul dari bagian Extra Fan, tapi bagian itu sudah saya benahi sekitar 5 bulan yg lalu. Beberapa menit kemudian suara itu muncul lagi, kali ini saya langsung mematikan AC, 2-3 detik kemudian suara itu hilang. Dugaan saya semakin yakin, Extra Fan bermasalah. Temanku, Hendra Atmajaya, juga mengatakan suara itu dari extra fan. Pada malam itu terdengar 3 kali suara aneh yg muncul dari arah Extra Fan.


Keesokan harinya, tidak ada lagi suara yg muncul, tetapi tetap saya bawa mobil saya ketempat service langganan, dan bertemu dengan mas Ali, kemungkinannya:
  • Extra fan tidak bermasalah, juga pada bagian mesin lainnya, tidak ditemukan sumber bunyi yg aneh.
  • Bagian bos extra fan baru diganti dengan bearing, suaranya masih terdengar halus
  • Ada 2 kecepatan pada extra fan, low speed dan high speed (Suzuki APV)
  • Kemungkinan suara itu muncul dari extra fan, pada saat putaran extra fan diposisi high speed
  • Suara itu muncul pada saat mobil sedang melalui jalanan macet parah, secara otomatis extra fan berputar di posisi high speed.
Kesimpulan saat ini,
Benar kata mas Ali, sampai saat ini tak ada lagi suara aneh yg terdengar, Alhamdulillah..


Thx,  ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates