Senin, 13 Februari 2023

0 Pengetahuan tentang Staples Tembak

Saya sempat memiliki staples tembak, tetapi karena pengetahuan saya tentang staples tembak belum ada sama sekali, belum pernah membongkarnya, saya pikir staples itu rusak dan tidak bisa diperbaiki, ternyata tidaklah demikian.


Hingga saya akhirnya bertemu dengan Mas Andri yang senang berbagi ilmu dan memiliki usaha servis jok motor di daerah Cikunir, dekat Sauciko, di Bekasi Selatan.
Karena sudah lama berkecimpung di dunia servis jok, sehingga dia sudah mengetahui mekanisme dan cara kerja dari staples tembak, sehingga bisa dengan mudah memperbaiki bila ada kerusakan.

Inilah beberapa part dari staples tembak

Cara membongkarnya bila terjadi kerusakan, 
lepaskan pengunci pada batang nomor 1.

Lalu lepaskan plat pengunci nomor 2, dengan cara menggeser tutup bagian sisi depan mesin staples ke atas. Lakukan dengan dipukul menggunakan ujung gunting.

Posisi plat sudah tergeser ke atas.

Tarik dan lepaskan plat pengunci nomor 2.

Terlihat bagian mesin staples yang tidak terlalu rumit seperti perkiraan saya sebelumnya.

Perhatikan susunan mesin staples sebelum melepasnya satu persatu.

Nomor 3 adalah pelatuk yang memukul isi staples.
Nomor 5 adalah batang pegas yg menggerakkan pelatuk terkadang bisa patah.

Bila batang pegas pelatuk patah, bisa dibeli melalui online.

Nomor 4 adalah plat besi penahan batang pegas. Plat besi biasanya dialasi dengan potongan karet (hitam) yang sama besarnya.

Nomor 6 adalah bagian penekan mesin staples.

Bentuk pemasangan kain jok motor saya yang baru diganti, jalur staplesnya rapi.

Mata staples yang disarankan oleh Mas Andri.

Kursi motor sudah terlihat rapi.

Sahabat baik saya, Mas Andri.

Dia menyarankan agar tidak berganti-ganti merk, jadi apabila ada kerusakan bisa menggunakan sparepart dari staples yang rusak, sehingga tidak selalu harus membeli alat staples yang baru.

Semoga manfaat.

Thx,  ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates