Suara berdecit pada V-belt terkadang terdengar, hingga suatu saat suara berdecit yg timbul sangat keras, tidak seperti biasa. Air Conditioner tidak lagi terasa dingin, embun muncul dibagian dalam kaca mobil, ketika saya melihat V-belt dibagian mesin (water pump) seperti tidak bergerak pada saat mesin hidup. Barulah saya melihat temperatur mesin sudah tinggi, indikator mendekati level merah. Secepatnya segera saya matikan mesin.
Sekitar 1 jam saya biarkan mesin mobil berhenti untuk mendinginkan mesin, barulah saya bawa mobil saya ke bengkel langganan, ternyata V-belt bagian dalam sudah kering, rusak, harus diganti. V-belt ini yg memutar water pump dan dinamo ampere. Setelah diganti mobil kembali normal temperaturnya.
Bagian V-belt yg akan diganti
Malamnya, sepulang saya dari ini bensin, dikondisi jalanan agak macet, mobil seperti berkurang tenaganya, udara dari AC tidak lagi terasa dingin, ketika saya melihat temperatur mesin mobil mulai meninggi kembali.
AC saya matikan dengan laju mobil sekitar 40 km/jam, temperatur mesin mobil turun, kembali normal dengan cepat, tidak lebih dari 1 menit. Ada apa lagi gerangan? AC pun saya hidupkan kembali.
Setiba dirumah, temperatur mesin kembali beranjak naik. Sepertinya extra fan tidak terdengar suaranya, mati. Saya pukul socket koneksi kabel diatas extra fan, extra fan hidup kembali, temperatur mesin menurun cepat, normal.
Pagi hari, ketika tengah menghadapi kemacetan dalam Tol, AC mulai tidak dingin, temperatur mesin kembali naik, buka kap mesin dan saya pukul socket kabel extra fan, tetap saja extra fan tidak hidup, setelah yakin bahwa extra fan dalam keadaan mati, saya beranikan diri menyentuh daun baling-baling extra fan untuk memancing putaran. Benar saja, extra fan langsung hidup, ujung jari saya sempat terjepit, sakit ^_^
Saya bawa ke bengkel dinamo langganan disekitar Tebet, maaf saya lupa namanya.
2 dari 4 arang motor extra fan sudah tipis, bila ganti arang, dari pengalamannya, tidak akan berumur lama karena tempat arang pada motor extra fan terbuat dari plastik, tidak tahan panas. Motor extra fan yg saya pakai bukan original. Atas sarannya, saya harus membeli motor merek D**so, agak lebih mahal tetapi awet, di service pun bisa.
Ganti motor extra fan
motor extra fan yg kurang bagus
pemasangan motor extra fan
Jadi temperatur tinggi pada mobil disebabkan 2 kendala
Water Pump tidak berputar dan Extra Fan yg juga tidak berputar.
Thx, ^_^
Minggu, 28 Mei 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular posts
-
Modifikasi pertama, Juli 2021, membuat pegangan mata gergaji pada mesin gergaji scroll saw agar dapat menggunakan mata gergaji tipe rambut/...
-
Aplikasi kontaktor magnet atau magnetic contactor dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali, misalnya: membuat alarm sederhana, time...
-
Beberapa hari yg lalu saya diundang untuk ikut meliput acara pameran mobil bersama beberapa teman blogger. Dan inilah kali pertama saya me...
-
Belajar Piano Secara Otodidak. Belajar Latihan Tangga Nada dan Chord. Saya senang memainkan alat musik gitar, sampai pada suatu saat...
-
Saya menggunakan mesin pemotong rumput Krisbow KW07-1041 yg menggunakan tenaga listrik. Alat ini menggunakan senar nilon sebagai pisau pemot...
-
1.Bila masih ada celah untuk mengambil, misalnya, mengambil fisher di tembok, bisa digunakan tang lancip, seperti pada g...
-
Pada mobil Suzuki Apv, siapkan 1 galon oli gardan/ persneling (4 liter), 2 kantong plastik ukuran 1 kg, kunci sok ukuran 24 dan raket kunci ...
-
Seorang teman, pak Kardi, menceritakan mobil nya (Daihatsu Gran Max, 2008) yg mengalami temperatur tinggi di hari Jumat malam, air radiator ...
-
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tid...
-
Masih ingat modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya Uda Ilin, beliau dulu dikenal dengan panggilan Alay, sewaktu masih menjadi mekan...
0 comments:
Posting Komentar