Rabu, 24 April 2024

0 Efisiensi dari Gunakan 2 Kunci ke 1 Kunci

Modifikasi pertama, Juli 2021, membuat pegangan mata gergaji pada mesin gergaji scroll saw agar dapat menggunakan mata gergaji tipe rambut/ pinless, berhasil, dimana mata gergaji tipe rambut/ pinless dapat terpasang sempurna dengan cukup mudah.
Awalnya menggunakan kunci pas dan obeng (-) lalu dirubah menjadi kunci pas dan kunci "L". Tetapi demikian diaplikasikan untuk pemotongan yg mengharuskan kita sering melakukan bongkar pasang mata gergaji pinless, barulah diketahui bahwa cara pemasangan dengan menggunakan 2 kunci atau obeng ternyata cukup merepotkan.


  • Pada modifikasi pertama, saya menggunakan 2 buah alat berupa kunci pas dan obeng. Hanya saja untuk modifikasi ini, saya merasa kurang maksimal dikarenakan masih menggunakan obeng sebagai penahan saat mengencangkan baut dengan kunci pas.

  • Lalu pada modifikasi kedua, berubah dengan menggunakan kunci pas dengan kunci "L". Ini pun juga sama seperti cara di atas, cukup merepotkan, bila untuk pekerjaan yang sifatnya rutin dan sering dilakukan. Misalnya: untuk satu kali pemotongan lembar kerja dibutuhkan hingga 20 kali bongkar pasang mata gergaji.

  • Akhirnya saya menemukan cara ketiga, di mana cukup menggunakan sebuah kunci "L" untuk membongkar pasang mata gergaji.

Cara pembuatnya,
tidak terlalu sulit cukup menggunakan potongan pipa paralon yang di panaskan lalu di press agar memiliki permukaan yang rata.

Panaskan mur baut kemudian tempelkan ke permukaan lembaran paralon tersebut sehingga bagian mur tertanam di lembaran paralon. Lalu potong bagian lembar paralon yang tidak diperlukan.

Mur dan baut siap dipasangkan pada mesin gergaji scroll saw.

Mur dan baut setelah dipasangkan pada mesin scroll saw.

Sebelumnya bagian mur di tahan dengan menggunakan kunci pas. 
Sekarang bagian mur sudah ditahan oleh lembaran paralon.

Seperti inilah cara kerja saat saya membongkar pasang mata gergaji.
Sebelumnya harus menggunakan kunci pas untuk penahan mur. Sekarang kunci pas tidak diperlukan lagi, cukup dengan menggunakan sebuah kunci "L"untuk membongkar pasang mata gergaji.

Semoga manfaat, 
Thx  ^_^


0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates