Rabu, 27 November 2019

0 Cara Mendorong Mobil Mogok, 75% Berhasil Dihidupkan

Postingan ini saya buat karena semalam saya lupa memberikan informasi kepada anak-anak muda yg mobil ambulannya berhasil saya hidupkan dengan cara didorong. Sebenarnya ada alternatif lain tanpa didorong, yaitu dengan cara jumper accu untuk starter mesin mobil, tetapi karena sedang kurang enak badan, akhirnya saya bantu dengan cara seadanya, didorong. Awalnya saat saya akan membeli minuman jahe merah didepan polsek komsen, ada sebuah ambulan yg sedang didorong oleh sekelompok anak muda untuk dihidupkan. Karena saya lihat sudah 2 kali didorong tetapi mesin mobil tidak juga hidup, maka saya tawarkan diri untuk berada di belakang kemudi, sementara mereka yg mendorong. Sebelumnya saya tanyakan apakah accu mobil masih ada tenaganya? Ternyata masih ada tenaga, menyalakan klakson atau lampu besar, walaupun sudah tidak kuat untuk starter mesin, In Syaa Allah, sudah cukup untuk menghidupkan mesin, dengan tingkat kemungkinan 75% mesin akan hidup.

Tapi ingat, cara ini hanya bisa diterapkan pada mobil transmisi manual bukan pada transmisi otomatis.
Untuk mobil transmisi otomatis, silahkan gunakan cara Jumper Accu untuk Starter Mobil.

Ilustrasi yg saya lakukan dari belakang kemudi.
Jika accu tidak kuat starter untuk menghidupkan mesin mobil, jangan terus dipaksakan.

Persiapan sebelum didorong,
Gunakan gigi percepatan 1, sedangkan kaki kiri tetap menginjak pedal kopling kemudian lepaskan rem tangan.

Persiapan selanjutnya
Perhatikan situasi jalanan didepan, juga arah posisi setir (setir berat diputar saat mesin mati)
Tanamkan terus di pikiran kalian, "Setelah mesin hidup, kaki kanan langsung injak rem !!" (posisi di tempat ramai atau lahan parkir sempit)

Saat didorong,
Ingat terus kata, "Setelah mesin meraung hidup, kaki kanan langsung injak rem !!"
Demikian kecepatan mobil dirasa cukup, lepaskan kopling di kaki kiri dan secara bersamaan putar kunci starter. Sementara kaki kanan menekan pedal gas satu kali lalu secepatnya pindahkan ke pedal rem agar laju mobil terhenti, terkendali.
Karena pada saat suara mesin meraung hidup, spontan mobil akan melaju kencang, itu sebabnya kaki kanan harus langsung injak rem kalau gugup atau kita tidak siap, mobil akan menabrak apapun yg ada didepan kita.

Ajarkan cara ini kepada orang yg kita kasihi dan pasti bisa, agar apabila suatu saat diperlukan semua bisa melakukannya dengan benar.
Selanjutnya bila accu mobil belum diperbaiki atau diganti, parkirkan mobilmu di carport atau jalanan yg agak menurun, sehingga jika mobilmu akan digunakan, tidak perlu tenaga banyak untuk mendorongnya.

Semoga informasi ini kelak akan membantumu.

Thx,  ^_^

Kamis, 21 November 2019

0 Memakai Sarung ke Masjid Tanpa Takut Melorot

Sebelumnya saya selalu menggunakan celana jeans jika hendak Sholat Subuh di masjid. Kalau di rumah lebih sering sholat dengan menggunakan sarung, tetapi jika ke masjid menggunakan sarung dari rumah, saya tidak berani, alasan utama: karena takut sarungnya melorot turun disebabkan ikatan sarung yg tidak kuat, terlebih lagi jarak antara rumah ke masjid As Sakinah, sekitar 300-400 meter dengan berjalan kaki.
Baru sekitar 2 minggu yg lalu saya merasa, sepertinya lebih nyaman menggunakan sarung ke Masjid dan saya mempraktekan dengan menggunakan cara Abah/ ayah saya. Saya masih ingat sewaktu hendak Sholat Idul Fitri atau Idul Adha (saya lupa), kemungkinan masih duduk di kelas 3 SDK1 Samanhudi, beliau memakaikan saya sarung seperti yg saya lakukan sekarang ini.

Berangkat dari rumah hingga kembali usai sholat subuh, ikatan sarung masih kuat dan rapi.

Tampak samping

Tampak belakang

Menggunakan sabuk ikat pinggang yg elastis, diselipkan di dalam lipatan sarung

Ikat pinggang yg tidak lebar tetapi elastis, sehingga memegang ikatan sarung dengan kuat


Ikat pinggang ini milik istri saya, "dipinjam dulu ya sayang, muach.."

Suasana pagi saat mengejar sholat Fajar 2 rakaat sebelum sholat Subuh di Masjid As Sakinah

Thx,  ^_^

Rabu, 13 November 2019

0 Merapikan Icon

Sudah lama saya ingin mengganti tampilan icon di sisi kanan dengan yg lebih baik, akhirnya bisa juga mewujudkannya.

Ada 2 icon baru sebagai tambahan, yaitu: Inovasi dan Desain. Sedangkan untuk icon Karya Mami, saya letakkan di bagian atas, mengingat sentuhannya dalam hal penyusunan tata ruang barangkali patut untuk diikuti.
Seperti saat mami dulu menyusun ulang rumah tinggal yg saya tempati, saat itu mami menyusun ruangan dengan fungsi maksimal tetapi kenyamanan tetap saya dapatkan, luar biasa.

Seperti inilah hasil ke-16 icon yg sudah dibuat.

















Tidak mudah membuat design iconnya, bahkan untuk mempermudah pengerjaan layar laptop sementara saya tempelkan isolasi, sebagai alat bantu edit gambar.


Thx,  ^_^

Kamis, 07 November 2019

0 Memperbaiki Handel Lemari Plastik yg Patah

Kemarin malam, sewaktu saya hendak mengambil WD-40 di laci lemari paling bawah, ternyata handel laci yg terbuat dari plastik patah dikarenakan terlalu banyak barang yg saya letakkan didalamnya, sehingga laci jadi terlalu berat untuk ditarik, dibuka.
Akhirnya saya memperbaikinya dengan cara yg menurut saya paling cepat dan kuat, dengan menggunakan barang-barang yg ada di sekitar saya.
  • Mini grinder dengan mata bor ukuran 2 mm, untuk membuat lubang-lubang pada handel laci dan dinding laci, agar benang sol bisa digunakan untuk menjahit handel laci
  • Benang sol sepatu (sudah lama saya beli ketika usai Sholat Jumat di masjid Al Ittihaad Tebet)
  • Pengait benang rajut nomor 10 (ukurannya agak terlalu kekecilan) untuk menarik benang sol, seperti menjahit tukang sepatu
  • Lem power glue Alteco, untuk merekatkan handel laci, dinding laci serta benang sol sepatu. Pemberian power glue alteco di teteskan pada bagian sisi dalam dinding laci.
Mini grinder dengan mata bor 2 mm

Bahan dan perangkat yg diperlukan


Handel laci yg masih bagus

Handel laci yg patah, setelah di operasi plastik


Isi laci yg terlalu berat

Lemari sudah bisa digunakan seperti semula

Bahan dan perangkat yg digunakan



Awalnya cuma ingin mengambil WD-40, akhirnya handel lemari jadi kekar kembali..

Thx,  ^_^

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates