Jumat, 22 Januari 2010
24 Memperbaiki delco atau distributor mesin mobil
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tidak terlalu sulit. Cukup menggunakan arang tespen sebagai pengganti arang delco yang habis dan sangat awet (sudah saya buktikan sendiri). Kalau tidak ada bisa juga menggunakan arang baterai senter.
Pengalaman ini saya dapatkan di saat tengah berada di jalan Thamrin. Mesin mobil mati mendadak secara tiba-tiba dan saat di stater tidak mau hidup, yang pasti ada banyak penyebab kondisi ini bisa terjadi. Seorang sahabat baik, Laek Marbun (almarhum), saat itu yg dengan suka rela membantu memperbaiki mobil saya, dia langsung memperkirakan bahwa masalah terletak pada arang delco yang habis. Kemungkinan seperti Ini bisa terjadi apabila mobil sudah berumur lebih dari 5 tahun.
Dari pengalaman tersebut diatas, tidak ada salahnya untuk selalu membawa obeng tespen (listrik rumah, tegangan 220 volt) kedalam kotak peralatan mobil. Apabila ternyata tidak ada obeng tespen, arang baterai bekas juga dapat digunakan.
1. Delco atau distributor mesin mobil.
2. Obeng tespen yang akan dijadikan bahan kanibal, untuk memperbaiki delco atau distributor.
3. Bersihkan bagian tengah, tempat arang.
4. Bentuk bagian ujung arang tespen agar dapat terikat per tespen. Potong per secukupnya, dan pada ujung bagian per yang dipotong delebarkan
5. Potong per tespen, lebarkan bagian ujungnya. agar pas, saat dimasukkan kelubang delco dan arang tidak mudah terlepas dari delco distributor.
6. Posisi arang tampaik seperti di gambar. ingat, posisi arang flexibel, dapat keluar masuk dengan ringan.
7. Posisi arang sangat ringan, untuk bergerak keluar masuk.
8. Posisi arang sangat ringan, untuk bergerak keluar masuk.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular posts
-
1. Apabila gambar di layar tidak full 2. Kita menginginkan gambar di layar terlihat penuh 3. Remote LG TV LCD ...
-
Masih ingat modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya Uda Ilin, beliau dulu dikenal dengan panggilan Alay, sewaktu masih menjadi mekan...
-
Bila sekring mobil sudah mulai sering putus, sering panas, bahkan meleleh, itu merupakan tanda, bahwa rumah sekring mobil sudah mengalami ke...
-
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tid...
-
Biasanya bila akan menggelar suatu acara, kita tidak mengharapkan hujan turun saat acara berlangsung. Mitos yg cukup terkenal untuk jadi pen...
-
1.Bila masih ada celah untuk mengambil, misalnya, mengambil fisher di tembok, bisa digunakan tang lancip, seperti pada g...
-
Beberapa hari yg lalu, keponakanku, Teguh, membawa sebuah korek api Zippo milik temannya, Rifa, yg tidak bisa menyala, padahal korek tersebu...
-
Beberapa hari yg lalu saya diundang untuk ikut meliput acara pameran mobil bersama beberapa teman blogger. Dan inilah kali pertama saya me...
-
Dari dulu saya suka korek api Zippo, terutama tipe cangklong. Bentuknya yg unik plus tahan terhadap angin, malah menjadi sulit menyalakan r...
-
Masih ingat postingan Modifikasi Jeep sebelumnya?, ini adalah modifikasi jeep yg selanjutnya. Modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya...
Terima kasih. Bisa dicontek nih triknya....
BalasHapussip..
HapusBerarti klu arang nya sudah aus api ke busi gak nyambung gan......
BalasHapusiya, ga nyambung..
HapusBerarti klu arang nya sudah aus api ke busi gak nyambung gan......
BalasHapuskalaupun ada api, ga stabil..
HapusSama dengan kisah bos agan,sy punya mobil mazda 323 th 87 ,sewaktu di bawa jln aman aman aja,smp tujuan mobilnya ndut ndutan , periksa punya periksa , minyak nya tersumbat dr aliran tanki bensin,dibukalah sitengki bensin ini selsai.habis itu mobil distarter ,malah ga nyala alias gak bisa hidup ,trus diperiksa eee ga taunya pengapian ke busi nya ga ada .yanh mau saya tanyakan,,,apa masalah nya di arang tutp delco ......terima kasih bos agan
BalasHapuskalau tidak ada api, biasanya ada di 3 hal:
Hapus- Coil
- kabel busi
- busi.
tapi kalau judulnya mobil tua, tambah 1 lagi yg di lihat:
- arang delconya
Sama dengan kisah bos agan,sy punya mobil mazda 323 th 87 ,sewaktu di bawa jln aman aman aja,smp tujuan mobilnya ndut ndutan , periksa punya periksa , minyak nya tersumbat dr aliran tanki bensin,dibukalah sitengki bensin ini selsai.habis itu mobil distarter ,malah ga nyala alias gak bisa hidup ,trus diperiksa eee ga taunya pengapian ke busi nya ga ada .yanh mau saya tanyakan,,,apa masalah nya di arang tutp delco ......terima kasih bos agan
BalasHapusSama juga dengan saya om om
Hapuskalau tidak ada api, biasanya ada di 3 hal:
Hapus- Coil
- kabel busi
- busi.
tapi kalau judulnya mobil tua, tambah 1 lagi yg di lihat:
- arang delconya
Thanks ya utk pencerahannya...
BalasHapussama-sama mas..
HapusMisi gan numpang tanya mobil saya nggak ada api di 2 kabal businya dan dua ada tapi kecil.kira2 apa nya ya yang bermasalah
BalasHapusKemungkinan besar masa pakai busi sudah mati bos,klo dah ganti busi tetep aja. Ada kemungkinan kabel busi atau coil sudah lemaj
Hapusbenar sekali mas..
HapusMohon infonya di Jogja ada ga bengkel untuk servis delco nya. Kalo ada yg tahu mohon info kontak atau alamat nya. Thank
BalasHapuswah maaf mas, posisi saya di jakarta/ bekasi.
Hapusterimakasih..
Cara masang arang nya kyak mna itu gan,,
BalasHapusukuran arangnya disamakan dengan posisi dudukan pada delco.
Hapuskalau arangnya terlalu besar, dikecilkan dengan menggunakan ampelas..
Pakai arang batrei ABC dan sejenus y jg bisa.
BalasHapusiya mas.
Hapustehnik teman saya (alm.) canggih bgt..
Pernya juga dari tespen lansung duduk ya om
BalasHapusiya mas, kebetulan ukuran per-nya pas..
Hapus