1. Dongkrak dan lepaskan ban depan mobil yang akan diganti kampas remnya
2. Kendorkan baut sebelah atas dengan gerakan menekan kunci inggris kearah bawah
3. Lepaskan baut bagian bawah, dengan gerakan yg sama seperti diatas, menekan kunci inggris kearah bawah
4. Apabila mengalami kesulitan saat membuka, pegang mur sebelah dalam dengan menggunakan kunci pas, seperti terlihat di atas, sambil melakukan gerakan menahan
5. Buka tutup disk, seperti terlihat digambar
6. Lepaskan kampas rem yang akan diganti, dengan gerakan kearah luar
7. Lakukan hal yang sama, lepas kampas bagian dalam, dengan gerakan kearah dalam
8. Lepaskan plat yang menempel pada kampas yang lama, dan pasangkan ke kampas baru
9. Buka tutup minyak rem, karena tinggi permukaan minyak rem akan naik. Perhatikan saat mendorong masuk piston kemungkinan luber, sedot kelebihan minyak dengan menggunakan alat suntik tinta printer
10. Dorong piston rem dengan menggunakan kunci roda
11. Beri ganjal, misalnya dengan kunci inggris atau dengan kampas rem bekas, agar piston rem terdorong masuk lebih dalam, agar kampas rem dapat terpasang, tidak terganjal
12. Cuci disk dan pasang kampas yang baru, dengan posisi mencontoh letak kampas yang lama, pasang dan kencangkan baut-baut dengan arah menekan keatas. Pasang ban dan lepaskan dongrak.
Senin, 29 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular posts
-
Masih ingat modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya Uda Ilin, beliau dulu dikenal dengan panggilan Alay, sewaktu masih menjadi mekan...
-
1. Apabila gambar di layar tidak full 2. Kita menginginkan gambar di layar terlihat penuh 3. Remote LG TV LCD ...
-
Bila sekring mobil sudah mulai sering putus, sering panas, bahkan meleleh, itu merupakan tanda, bahwa rumah sekring mobil sudah mengalami ke...
-
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tid...
-
Biasanya bila akan menggelar suatu acara, kita tidak mengharapkan hujan turun saat acara berlangsung. Mitos yg cukup terkenal untuk jadi pen...
-
1.Bila masih ada celah untuk mengambil, misalnya, mengambil fisher di tembok, bisa digunakan tang lancip, seperti pada g...
-
Beberapa hari yg lalu, keponakanku, Teguh, membawa sebuah korek api Zippo milik temannya, Rifa, yg tidak bisa menyala, padahal korek tersebu...
-
Beberapa hari yg lalu saya diundang untuk ikut meliput acara pameran mobil bersama beberapa teman blogger. Dan inilah kali pertama saya me...
-
Dari dulu saya suka korek api Zippo, terutama tipe cangklong. Bentuknya yg unik plus tahan terhadap angin, malah menjadi sulit menyalakan r...
-
Masih ingat postingan Modifikasi Jeep sebelumnya?, ini adalah modifikasi jeep yg selanjutnya. Modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya...
Salam kenal pak..terimakasih,posting-postingnya sangat ku suka.kebetulan saya seneng utak-atik mobil sendiri.lebih tepatnya gak punya cukup duit buat ke bengkel..he..he..he..kemarin saya baru saja sukses mengatasi masalah rem tangan mbl zebra saya yang gak pakem.sudah berbulan-bulan masalah ini mengganggu pikiran saya.Dan akhirnya kemarin ketemu permasalahannya akibat gerigi setelan yang di dalam tromol aus sehingga merosot terus.solusinya saya bikin gerigi sendiri pake' kikir.dan hasilnya sangat memuaskan..
BalasHapuswah.., bagus idenya pak..
BalasHapusboleh ga, difoto dan berikan cerita singkatnya, biar nanti saya postingkan di o2 fresh.
terimakasih bambang wiharmonis..
alamat email saya: arif.hafid@ymail.com
HapusSiang pak, salam kenal
BalasHapusSaya ada permasalahan di bagian rem depan. Ketika pedal rem di injak terdengar bunyi mendecit seperti kampas rem yang sudah aus. Akhirnya saya ganti kampas remnya dgn yang orisinil namun masalah tidak hilang. Tanya sana-sini, ada yang menyarankan agar membubut cakram karena kemungkinan permukaan tidak rata. Setelah saya bubut, bunyi tersebut menghilang, tapi kini setelah sebulan bunyi timbul kembali. Kira2 bunyi tersebut timbul darimana ya pak. Mohon pencerahannya. Trims
Ibrahim
Saya pernah mengalaminya pak,
Hapuscoba sisi kampas rem di gosok dengan menggunakan kikir atau gerinda, hanya sebatas menghilangkan lapisan serbuk besi & debu yg sudah menyatu dengan kampas rem (warnanya hitam mengkilat). Setelah lapisan tersebut dihilangkan, kampas berwarna kecoklatan, pasangkan kembali seperti semula.
semoga berhasil ya pak, thx.
Wah Pak arif sangat kreatif dan baik hati memberi pengalaman2 pribadi yang sangat berguna. terima kasih banyak pak.
BalasHapusSalam
Dedy
Sama-sama pak Dedy, semoga bisa membawa manfaat, amien.
Hapusterimakasih kembali..
maaf pak Arif baru sempet mbalas..masalahnya alamat blognya lupa tidak saya bookmark.akhirnya alhamdulillah ketemu lagi..oh ya pak,untuk setelan rem tangan kapan2 insyaAllah akan saya foto2 termasuk cara pengerjaannya.sambil perawatan tromol..wassalam.
BalasHapusBaik pak bambang wiharmonis, ditunggu kiriman foto dan cara2 pengerjaan rem tangannya..
Hapussemoga bisa membawa manfaat bagi orang banyak, amien..
makasih pa, sangat bermanfaat untuk pembuatan laporan saya :)
BalasHapussama-sama anonim..
Hapusthx.
Cara press pistonnya kreatif min. Jadi ga perlu spesial tools ya :)
BalasHapusuntuk artikel lainya bisa di lihat di link di bawah ini
BalasHapus12 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel
Arti dan Fungsi Spesifikasi Rantai Pada Sepeda Motor
Cara Melepas dan Merakit Rantai Kenteng / Timing
Cara menaikkan Tenaga Motor
Memberi Oli Pada Lubang Knalpot Benar atau salah?
Penjelasan lengkap Cara Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki
Tips Cara Memperbaiki Motor yang Mbrebet
Tips Sederhana Merawat Knalpot Tetap Kinclong
Terima kasih atas tutornya, setelah mengganti kanpas baru timbul masalah baru, kanpas melekat pada cakram, setelah diinjak pdal rem, kanpas tidak kembali membuka, tolong solusinya pak. Terima kasih.
BalasHapusSangat Bermanfaat ...maakasih gan
BalasHapussaya mau tanya ya saya baru ganti kanvas rem dan seminggu saya ngerasa terlalu dalam remnya tapi kok pas balik lagi dibilang rembes
BalasHapusmohon bantu bagaimana tau itu rembes atau tidak ??