Kamis, 11 Januari 2024

0 Holder untuk HP yg Berat >0,5 kg & Tebal 2,78 cm

HP Android Doogee V Max memiliki berat lebih dari 0,5 kg dan ketebalan 2,78 cm atau sekitar tiga kali lipat ketebalan dari HP Android umumnya.
Agar bisa digunakan sebagai penunjuk maps di mobil, terpaksa holder HP peruntukan motor yang sebelumnya saya modifikasi untuk digunakan di mobil, terpaksa saya modifikasi lagi agar dapat digunakan khusus untuk menopang HP Android yang super berat dan super tebal ini.


Yg dilakukan hanyalah menambah panjang penjepit holder dengan menggunakan potongan bahan jenis akrilik ketebalan 3 mm, direkatkan menggunakan mur dan baut, di samping itu pada bagian atas juga bawahnya direkatkan dengan menggunakan power glue.

Holder bila dilihat dari luar mobil.


Bila dilihat dari dalam mobil.

Saking beratnya HP Android, maka dibuatkanlah tempat untuk kait penyangga agar disaat penggunaan pada posisi horisontal atau pengambilan gambar secara landscape, akan selalu terjaga sudutnya, tidak bergerak melintir ke bawah. 


Design holder cukup sederhana, Insya Allah, memiliki kekuatan maksimal.


Sempat sebelumnya menggunakan holder jenis lainnya, tetapi berhubung berat Doogee V Max lebih dari 0,5 kg, membuat lengan holder tiba-tiba bergerak turun ketika mobil melewati polisi tidur.

Pada awalnya seperti ini posisinya. 
Holder ini juga sudah dimodifikasi pada bagian penjepitnya, sayangnya tidak kuat menahan beban.

Proses pembuatan: 
  • Membuat desain mal di atas kertas lalu ditempelkan ke lembaran akrilik.
  • Proses selanjutnya menggunakan peralatan potong berupa mesin jigsaw untuk pemotongan yg cepat dan tidak detail sementara untuk pemotongan yg lebih detail, halus dan rumit menggunakan mesin scrollsaw.

  • Sekalian test, dulu pernah perbaiki penjepit bearing yg patah pada mesin scrollsaw dengan menggunakan botol plastik bekas, hasilnya ternyata oke, Alhamdulillah..


  • Lalu untuk menghaluskan saya menggunakan mesin amplas demi menghemat waktu. 
  • Untuk membuat penitik lubang saya menggunakan mini grinder yang bermata gerinda kecil seperti jarum, tujuannya agar saat melakukan pengeboran, mata bor tidak lari kesana kemari. 
  • Menggunakan bor dengan mata pagoda agar lubang yang dibuat terlihat rapi dan presisi.
  • Untuk membuat lekukan dengan cara dipanaskan menggunakan hot gun. Kemudian setelah panas ditekuk di atas besi siku dengan menggunakan pegangan tang (bagian karetnya).
  • Pemberian lapisan lembaran karet di tempat yang akan bersentuhan dengan HP Android. Cara merekatkannya dengan menggunakan lem UHU.
  • Sementara pada bagian holder sendiri, perlu dilakukan penyesuaian yaitu dengan memotong bagian-bagian tertentu agar dudukan HP Android dapat terjepit dengan sempurna, tidak mudah lepas dan jatuh. Proses pemotongan ini harus bergerak halus/ perlahan, yaitu dengan menggunakan scrollsaw dan mini grinder yg menggunakan piringan mata gerinda.
  • Barulah perakitan di mulai dengan menggunakan power glue. Agar dapat menempel kuat, pada tengah-tengah sisi yang akan di rekatkan dengan lem harus diselipkan 2 helai lembaran tisu yang sudah dipotong sesuai lebar yg akan direkatkan. Lalu basahilah tisu itu dengan lem dalam keadaan: kedua lembaran akrilik di press kuat menggunakan jari tangan. Jangan kaget pada saat melakukan pengeleman dengan cara ini, kadang terlihat ada kepulan tipis asap putih. 

  • Lalu dilanjutkan perakitan dengan menggunakan mur dan baut
  • Pada bagian pengait saya menggunakan bagian batang dari paku rivet yang berbahan aluminium.

Semoga manfaat.

Thx,   ^_^



0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates