Senin, 04 Juli 2022

0 Memperbaiki Saluran Air Pembuangan Mampet pada Mesin Cuci, Tanpa Sengaja

Ketika sedang dirumah, kadang saya mencuci beberapa pakaian yang tidak mungkin dikerjakan laundry.
Sudah hampir 2 bulan terakhir, air kotor dari mesin cuci demikian lambat keluarnya. Dugaan saya kemungkinan ada koin atau sesuatu yang telah menyumbat di saluran pembuangan. Hingga kemarin ketika telah selesai mencuci, masih ada air yang tersisa dalam bak mesin cuci padahal sudah lebih dari 10 menit waktu pembuangannya.


Karena penasaran maka segera saya ambil obeng untuk membuka bagian belakang mesin cuci, melihat apa yang sebenarnya terjadi.
Setelah kedua sekrup di bagian bawah sudah dilepas barulah terlihat adanya segel garansi yang seketika langsung mengurungkan niat saya membukanya.
Terpaksa kedua sekrup saya pasangkan kembali ke tempatnya semula.


Sekarang pilihannya tinggal menghubungi service center dari mesin cuci Denpoo. 
Terlihat, segel garansi berbahan kertas. 


Saya memilih mesin cuci ini karena pertimbangan harga dan mutu produk berdasarkan review dari teman-teman.



Ketika hendak merapikan mesin cuci kembali ke tempat semula, terlihat bagian selang yang menyembul keluar dari bawah mesin. Keisengan saya tiba-tiba muncul, menggoyang-goyangkan bagian selang tersebut. Idenya sederhana hanya untuk memberikan efek gelombang kejut pada saluran selang. Bersamaan dengan itu terdengar suara kucuran air pada ujung selang pembuangan yang begitu derasnya.
Tanpa disengaja saya telah menemukan titik permasalahan tersumbatnya air pada saluran pembuangan mesin cuci.


Ini video di mana saya menggoyang-goyangkan selang pembuangan air pada mesin cuci yang pada saat itu juga air langsung keluar dengan deras dari saluran pembuangan.

Permasalahan sebenarnya adalah saya tidak pernah mengecek saluran pembuangan yang seharusnya tertata rapi menempel di klip-klip yang sudah disediakan. Rupanya dahulu, pernah beberapa kali terjadi, saat melakukan pengeringan cucian, pakaian dalam pengering tidak terbagi rapi sehingga mesin cuci bergerak dari tempatnya semula dan menyebabkan selang pembuangan terjepit dengan lantai. Hingga pada akhirnya air yang keluar dari saluran pembuangan hanya sedikit sekali, itulah yang menyebabkan air dari bak cucian tetap masih ada walaupun sudah melewati waktu lebih dari 10 menit.

Saluran pembuangan dari mesin cuci yang tidak terpasang rapi pada klip-klipnya.

Saluran pembuangan sudah dirapikan ke tempat yang sudah disediakan.

Inilah postingan yang agak unik, di mana menyelesaikan suatu masalah tanpa disengaja, Alhamdulillah..

Semoga manfaat,

Thx,  ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates