Jumat, 23 Oktober 2020

0 Hasil Menghapal Surah Pendek Al-Quran untuk Bacaan Sholat

Setelah mempelajari surah-surah pendek Al-Quran untuk bacaan sholat , Alhamdulillah, sampai saat ini, 20 Juli 2021, sudah 18 surah tambahan yg saya hapal, sehingga total 24 surah yg saya hapal. 

Agar hapalan surat Al Quran tidak lupa dari ingatan, setiap hari saya harus sempatkan waktu untuk melafalkannya. Baik ketika hendak tidur, mengemudikan kendaraan atau di kegiatan lainnya.

 


3 surah terakhir yg saya hapal adalah:

  • surah Az Zalzalah (99), Alhamdulillah, selama 2 bulan saya menghapalkannya
  • surah Al Kahf (18), ayat 1-10, dimana saya memerlukan waktu menghapalkannya sekitar 4 bulan
  • surah Al A'la (87) selama hampir 3 bulan.

Tulisan ini ditujukan untuk teman-teman yg kesulitan dalam menghapal atau tidak memiliki waktu cukup untuk menghapal ataupun kendala lainnya yg tidak disebutkan disini.

Hasil menghapal surah pendek Al-Quran untuk bacaan Sholat

Hasil menghapal surah Al 'Alaq untuk bacaan Sholat

Masih tetap menggunakan cara sebelumnya, yaitu dengan mendengarkan suara qori Mishary Rashid di aplikasi Al-Quran Indonesia dan didengarkan secara detail dan berulang-ulang sambil melihat tulisan arab maupun latinnya. Apabila suatu saat menemukan ucapan yg menurut kita tidak semestinya, usahakan mencari seorang yg lebih ahli, agar mendapatkan pencerahan. 

Setelah saya menggunakan earphone, saya menjadi lebih leluasa menghapal. Cara penggunaannya cukup gunakan sebelah earphone saja, baik sebelah kanan ataupun kiri, agar tidak terputus dengan lingkungan sekitar.

 
Terlebih lagi setelah saya mendapatkan mifa x8, saya menjadi lebih sering mendengarkan Al Quran Indonesia, tanpa terlihat oleh orang lain, termasuk pada saat saya tengah mengemudikan kendaraan. Tetapi ingat, penggunaan hanya untuk salah satu telinga saja, sebelah kanan ataupun kiri. Akhirnya sepanjang perjalanan saya dapat memanfaatkan waktu dengan menghapal, suasana hati pun jauh menjadi lebih tenang dan rasa kantuk menjadi hilang.

Insha Allah, alam bawah sadar kita juga akan tetap mendengar walau kita merasa tidak mendengar disaat sedang konsentrasi mengemudi di jalan.

Klik: Untuk download aplikasi Al-Quran Indonesia (andi unpam).

Semoga saja akan membawa manfaat. 

"Gunakanlah waktu hidupmu dengan sebaik-baiknya.."

Thx,  ^_^


0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates