Selasa, 10 Desember 2019

2 Suara Gaduh dari Bagian Pengering Mesin Cuci

Minggu kemarin istriku mengeluhkan suara gaduh dari bagian pengering mesin cuci, padahal baru seminggu yg lalu saya mengganti motor bagian pengering. Karena penasaran sayapun mencoba menyalakan pengering mesin cuci, saya letakkan beberapa pakaian ke dalam drum pengering dan saya coba lagi bahkan tanpa memasukkan pakaian, ternyata masih terjadi benturan antara drum pengering dengan bodi mesin cuci. Ternyata benar, suara benturan itu cukup mengerikan, drum pengering bergerak liar seperti akan terlepas. Akhirnya ku janjikan, "Mas coba perbaiki dulu, kalau nanti ternyata masih seperti ini, kita beli mesin cuci yg baru.."

Drum pengering berputar tidak stabil

Ternyata sekrup pada bagian kaki motor sangat kendur. Apakah montir, seminggu yg lalu mengganti motor mesin pengering, lupa mengencangkan sekrup pengikat motor? Saya kencangkan dengan menggunakan kunci L model bintang ukuran T25.

Setelah saya kencangkan, saya coba menjalankan mesin pengering, ternyata putaran drum masih juga tidak stabil. Sepertinya dudukan antara as motor dengan as drum tidak lurus/ tidak senter. Siapkan kunci sok ukuran 8 mm untuk mengendur dan mengencangkan baut penyambung as.

Terpaksa saya meminta bantuan istri untuk memegangi bagian drum pengering dari bagian atas mesin cuci agar lingkaran drum pengering berada tepat di posisi tengah.

Saat istri memegangi bagian drum di bagian atas, saya kendurkan as penyambung dengan menggunakan kunci sok 8 mm, lalu istri saya dari bagian atas menarik dan menekan drum pengering beberapa kali, lalu menahan lingkaran drum pengering agar tepat pada posisi tengah dan tanpa memberikan tekanan. Saat itulah saya mengencangkan baut penyambung as motor dengan as drum pengering.

Setelah dicoba, putaran pada pengering mesin cuci sudah bergerak normal, tetapi ada bunyi berdecit yg lumayan nyaring. Ternyata ada gesekan antara plat dudukan rem dengan salah satu bagian dari as penyambung (tempat tapak rem menepel). Akhirnya saya berikan sedikit pelumas (olie sae 10w-40) pada sumber gesekan. Saya tempatkan pelumas pada wadah alat suntik yg biasa digunakan untuk mengisi tinta printer, agar mudah memberikan pelumas pada tempat yg sulit sekalipun.
Setelah dicoba, putaran mesin masih kencang (motor baru) dan suara mesin pengering juga kembali seperti baru, hening.

Pasangkan kembali sekrup penutup belakang, sambil berpikir, "Sepertinya tidak usah membeli mesin cuci baru.."

Peralatan yg digunakan, plus lampu led dan power bank

Thx,  ^_^

2 comments:

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates