Rabu, 18 Desember 2019

0 Mesin Temperatur Tinggi, AC Panas, Jangan Panik

Tadi malam, sepulang kerja, tiba-tiba ada yg janggal, mengapa AC tidak dingin? Mata sayapun  langsung melihat indikator dashboard, ternyata temperatur mobil sangat tinggi, tetapi suara mesin masih terdengar normal, laju mobil juga tidak terasa berat. Cukup lega rasanya.
Saya tidak menghentikan mobil, hanya mematikan AC, perhatian saya terfokus pada:
  • Indikator dashboard, apakah temperatur mesin akan turun setelah AC dimatikan dan mobil tetap dalam keadaan melaju di kecepatan santai. Jawabannya: Temperatur turun
  • Sambil merasakan, apakah laju mobil menjadi berat/ tertahan. Jawabannya: Alhamdulillah, mobil tetap melaju lancar, kemungkinan besar mesin tidak terkena dampak temperatur tinggi.
  • Buka jendela secukupnya, apakah terdengar suara angin dari extra fan. Jawabannya: Tidak terdengar suara bising dari extra fan, kemungkinan besar inilah penyakitnya. 
  • Extra fan tidak hidup.
Kalau sudah begini, terserah, mau dibawa ke bengkel atau pulang ke rumah. Yg pasti mobil masih tetap bisa jalan selama AC tidak dinyalakan.

Indikator dashboard menunjukkan mesin temperatur tinggi

Bagian commutator extra fan sudah sangat tidak rata

 Carbon brush extra fan juga sudah habis

Setelah commutator dan carbon brush diganti, putaran extra fan kembali normal, tampilan indikator temperatur mesin juga kembali normal

Nah ini Duo Dynamo Galaxy, mas Dadang dan mas Zian yg memperbaiki mobil saya

Thx,  ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates