Hingga saya akhirnya bertemu dengan Mas Andri yang senang berbagi ilmu dan memiliki usaha servis jok motor di daerah Cikunir, dekat Sauciko, di Bekasi Selatan.
Karena sudah lama berkecimpung di dunia servis jok, sehingga dia sudah mengetahui mekanisme dan cara kerja dari staples tembak, sehingga bisa dengan mudah memperbaiki bila ada kerusakan.
Inilah beberapa part dari staples tembak
lepaskan pengunci pada batang nomor 1.
Posisi plat sudah tergeser ke atas.
Terlihat bagian mesin staples yang tidak terlalu rumit seperti perkiraan saya sebelumnya.
Perhatikan susunan mesin staples sebelum melepasnya satu persatu.
Nomor 3 adalah pelatuk yang memukul isi staples.
Lalu lepaskan plat pengunci nomor 2, dengan cara menggeser tutup bagian sisi depan mesin staples ke atas. Lakukan dengan dipukul menggunakan ujung gunting.
Tarik dan lepaskan plat pengunci nomor 2.
Nomor 5 adalah batang pegas yg menggerakkan pelatuk terkadang bisa patah.
Bila batang pegas pelatuk patah, bisa dibeli melalui online.
Nomor 4 adalah plat besi penahan batang pegas. Plat besi biasanya dialasi dengan potongan karet (hitam) yang sama besarnya.
Nomor 6 adalah bagian penekan mesin staples.
Bentuk pemasangan kain jok motor saya yang baru diganti, jalur staplesnya rapi.
Sahabat baik saya, Mas Andri.
Mata staples yang disarankan oleh Mas Andri.
Kursi motor sudah terlihat rapi.
Dia menyarankan agar tidak berganti-ganti merk, jadi apabila ada kerusakan bisa menggunakan sparepart dari staples yang rusak, sehingga tidak selalu harus membeli alat staples yang baru.
Semoga manfaat.
Thx, ^_^
0 comments:
Posting Komentar