Minggu, 28 Mei 2017

0 Kendala Temperatur Tinggi Pada Suzuki APV

Suara berdecit pada V-belt terkadang terdengar, hingga suatu saat suara berdecit yg timbul sangat keras, tidak seperti biasa. Air Conditioner tidak lagi terasa dingin, embun muncul dibagian dalam kaca mobil, ketika saya melihat V-belt dibagian mesin (water pump) seperti tidak bergerak pada saat mesin hidup. Barulah saya melihat temperatur mesin sudah tinggi, indikator mendekati level merah. Secepatnya segera saya matikan mesin.
Sekitar 1 jam saya biarkan mesin mobil berhenti untuk mendinginkan mesin, barulah saya bawa mobil saya ke bengkel langganan, ternyata V-belt bagian dalam sudah kering, rusak, harus diganti. V-belt ini yg memutar water pump dan dinamo ampere. Setelah diganti mobil kembali normal temperaturnya.

Bagian V-belt yg akan diganti


Malamnya, sepulang saya dari ini bensin, dikondisi jalanan agak macet, mobil seperti berkurang tenaganya, udara dari AC tidak lagi terasa dingin, ketika saya melihat temperatur mesin mobil mulai meninggi kembali.
AC saya matikan dengan laju mobil sekitar 40 km/jam, temperatur mesin mobil turun, kembali normal dengan cepat, tidak lebih dari 1 menit. Ada apa lagi gerangan? AC pun saya hidupkan kembali.
Setiba dirumah, temperatur mesin kembali beranjak naik. Sepertinya extra fan tidak terdengar suaranya, mati. Saya pukul socket koneksi kabel diatas extra fan, extra fan hidup kembali, temperatur mesin menurun cepat, normal.
Pagi hari, ketika tengah menghadapi kemacetan dalam Tol, AC mulai tidak dingin, temperatur mesin kembali naik, buka kap mesin dan saya pukul socket kabel extra fan, tetap saja extra fan tidak hidup, setelah yakin bahwa extra fan dalam keadaan mati, saya beranikan diri menyentuh daun baling-baling extra fan untuk memancing putaran. Benar saja, extra fan langsung hidup, ujung jari saya sempat terjepit, sakit  ^_^
Saya bawa ke bengkel dinamo langganan disekitar Tebet, maaf saya lupa namanya.
2 dari 4 arang motor extra fan sudah tipis, bila ganti arang, dari pengalamannya, tidak akan berumur lama karena tempat arang pada motor extra fan terbuat dari plastik, tidak tahan panas. Motor extra fan yg saya pakai bukan original. Atas sarannya, saya harus membeli motor merek D**so, agak lebih mahal tetapi awet, di service pun bisa.

Ganti motor extra fan


motor extra fan yg kurang bagus

pemasangan motor extra fan

Jadi temperatur tinggi pada mobil disebabkan 2 kendala
Water Pump tidak berputar dan Extra Fan yg juga tidak berputar.

Thx, ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates