Suara berdecit pada V-belt terkadang terdengar, hingga suatu saat suara berdecit yg timbul sangat keras, tidak seperti biasa. Air Conditioner tidak lagi terasa dingin, embun muncul dibagian dalam kaca mobil, ketika saya melihat V-belt dibagian mesin (water pump) seperti tidak bergerak pada saat mesin hidup. Barulah saya melihat temperatur mesin sudah tinggi, indikator mendekati level merah. Secepatnya segera saya matikan mesin.
Sekitar 1 jam saya biarkan mesin mobil berhenti untuk mendinginkan mesin, barulah saya bawa mobil saya ke bengkel langganan, ternyata V-belt bagian dalam sudah kering, rusak, harus diganti. V-belt ini yg memutar water pump dan dinamo ampere. Setelah diganti mobil kembali normal temperaturnya.
Bagian V-belt yg akan diganti
Malamnya, sepulang saya dari ini bensin, dikondisi jalanan agak macet, mobil seperti berkurang tenaganya, udara dari AC tidak lagi terasa dingin, ketika saya melihat temperatur mesin mobil mulai meninggi kembali.
AC saya matikan dengan laju mobil sekitar 40 km/jam, temperatur mesin mobil turun, kembali normal dengan cepat, tidak lebih dari 1 menit. Ada apa lagi gerangan? AC pun saya hidupkan kembali.
Setiba dirumah, temperatur mesin kembali beranjak naik. Sepertinya extra fan tidak terdengar suaranya, mati. Saya pukul socket koneksi kabel diatas extra fan, extra fan hidup kembali, temperatur mesin menurun cepat, normal.
Pagi hari, ketika tengah menghadapi kemacetan dalam Tol, AC mulai tidak dingin, temperatur mesin kembali naik, buka kap mesin dan saya pukul socket kabel extra fan, tetap saja extra fan tidak hidup, setelah yakin bahwa extra fan dalam keadaan mati, saya beranikan diri menyentuh daun baling-baling extra fan untuk memancing putaran. Benar saja, extra fan langsung hidup, ujung jari saya sempat terjepit, sakit ^_^
Saya bawa ke bengkel dinamo langganan disekitar Tebet, maaf saya lupa namanya.
2 dari 4 arang motor extra fan sudah tipis, bila ganti arang, dari pengalamannya, tidak akan berumur lama karena tempat arang pada motor extra fan terbuat dari plastik, tidak tahan panas. Motor extra fan yg saya pakai bukan original. Atas sarannya, saya harus membeli motor merek D**so, agak lebih mahal tetapi awet, di service pun bisa.
Ganti motor extra fan
motor extra fan yg kurang bagus
pemasangan motor extra fan
Jadi temperatur tinggi pada mobil disebabkan 2 kendala
Water Pump tidak berputar dan Extra Fan yg juga tidak berputar.
Thx, ^_^
Minggu, 28 Mei 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular posts
-
Masih ingat modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya Uda Ilin, beliau dulu dikenal dengan panggilan Alay, sewaktu masih menjadi mekan...
-
1. Apabila gambar di layar tidak full 2. Kita menginginkan gambar di layar terlihat penuh 3. Remote LG TV LCD ...
-
Bila sekring mobil sudah mulai sering putus, sering panas, bahkan meleleh, itu merupakan tanda, bahwa rumah sekring mobil sudah mengalami ke...
-
Mengakali delco atau distributor pada mesin mobil, khususnya mengakali arang delco atau arang distributor yang habis merupakan hal yang tid...
-
Biasanya bila akan menggelar suatu acara, kita tidak mengharapkan hujan turun saat acara berlangsung. Mitos yg cukup terkenal untuk jadi pen...
-
1.Bila masih ada celah untuk mengambil, misalnya, mengambil fisher di tembok, bisa digunakan tang lancip, seperti pada g...
-
Beberapa hari yg lalu, keponakanku, Teguh, membawa sebuah korek api Zippo milik temannya, Rifa, yg tidak bisa menyala, padahal korek tersebu...
-
Beberapa hari yg lalu saya diundang untuk ikut meliput acara pameran mobil bersama beberapa teman blogger. Dan inilah kali pertama saya me...
-
Dari dulu saya suka korek api Zippo, terutama tipe cangklong. Bentuknya yg unik plus tahan terhadap angin, malah menjadi sulit menyalakan r...
-
Masih ingat postingan Modifikasi Jeep sebelumnya?, ini adalah modifikasi jeep yg selanjutnya. Modifikasi mobil Jeep Willys tahun 1952, karya...
0 comments:
Posting Komentar