Siang itu juga saya kuras air radiator dengan menggunakan radiator flush dan ketika mobil saya test, temperatur ternyata masih bergerak naik turun. Berarti kemungkinan kedua, penyebabnya adalah motor extra fan sudah melemah. Lucunya sehari sebelum kejadian ini, sahabat baik saya, mas Tatang Jatibening, menawarkan motor extra fan baru untuk mobil APV yg tidak terpakai kepada saya, rupanya seperti kebetulan, akan ada kejadian seperti ini.
Awalnya saya berniat mengerjakan penggantian motor extra fan, dengan membawa ke bengkel, tetapi beberapa teman saya, abang Hutagalung maupun mas Tatang, menyarankan untuk mengerjakannya sendiri, menurutnya proses penggantian motor extra fan termasuk pengerjaan yg berkategori "Mudah Banget..", kata mereka. Karena merasa tertantang maka saya kerjakanlah sendiri tanpa ke bengkel.
Extra fan yg akan diganti
Beberapa bagian yg harus dilepas
Cukup menggunakan Tang untuk membukanya
Cukup tekan dengan ujung ibu jari, lalu pisahkan soket kabel motor extra fan
Lepas dan selipkan tutup selang air radiator cadangan agar tidak mengganggu proses melepas extra fan
Termasuk juga tuas pemutar dongkrak, sangkutkan ke atas
Lepaskan juga corong input dari filter udara dengan kunci 10
Lepaskan extra fan dengan hati hati, dengan cara sedikit mendorong mundur extra fan agar extra fan terlepas dari jepitan radiator, lalu menariknya tegak lurus keatas (sekitar 2-3 cm), karena di bagian bawah extra fan terdapat 2 buah pasak pengunci extra fan. Setelah itu geser ke arah kiri mendekati tutup biru air whiper (sekitar 5-10 cm), barulah menarik extra fan kearah atas.
Lepaskan kipas extra fan dengan kunci 8
Lepaskan motor extra fan yg lama
Ganti dengan motor extra fan yg baru
Pasangkan kembali
Saat pemasangan extra fan sudah di titik ini, adalah saat yg paling melelahkan karena harus memasukkan 2 buah pasak yg berada di bagian bawah extra fan pada tempat yg tidak terlihat oleh mata.
Jangan panik, tahanlah bagian extra fan yg ada lingkaran merah dengan tangan kiri, sementara tangan kanan kita posisikan ke bagian bawah extra fan, untuk menuntun bagian pasak yg ada dibagian bawah extra fan agar dapat dimasukkan ke lubang pengunci dudukan extra fan.
Perhatikan kedua buah pasak yg terdapat dibagian bawah extra fan.
Setelah di test dan hingga sekarang, temperatur mesin kembali normal.
Sahabat baikku, abang Hutagalung dan mas Tatang
Pengerjaan ini saya lakukan pada mobil Suzuki APV.
Thx, ^_^
Ok lah klu begicu,,, gampang dan mudahkan??? Klu ke bgkl dah HBS brp tuh utk jasa nya?, cuma jgn bilang2 Ama montirnya ntar marah2 lagi dia, Krn zatah nya dikurangi, hehehe 🤣🤣🤣
BalasHapusBenar itu, jatah mereka jadi berkurang.
HapusSemoga saja rejeki mereka akan berlimpah, Aamiin YRA..
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus