Cara mengatasinya, bila terjadi pada mobil Suzuki Carry, bisa disetel dengan menaikkan setelan drat yg terdapat pada ujung tali/ kabel kopling (terletak dibagian belakang pedal kopling) atau bisa juga dengan menaikkan setelan drat ujung tali/ kabel kopling yg menempel pada tuas kopling dibagian bawah mesin mobil.
Pada Suzuki Apv tak terdapat drat untuk penyetelan, harus disetel dari bawah mesin. Tetapi saya malas untuk masuk ke kolong mobil, maka yg saya lakukan adalah dengan cara seperti dibawah ini.
lembaran plastik tebal untuk mengganjal bagian dari tali kopling..
saat tali kopling di tarik kebawah, ada celah untuk memasukkan potongan plastik
seperti ini..
seperti ini..
selanjutnya tinggal membentuk lingkaran dalam pada plastik
hasil bentukan akhir, pada lembaran plastik
ukuran lingkaran plastiknya sama persis sepert yg dilihat di gambar bawah..
lembaran plastik sudah di pasangkan..
mobil sudah tak ada kendala saat masuk gigi 1 ataupun mundur..
Penanganan seperti ini, sifatnya darurat, agar mobil untuk sementara waktu dapat kembali digunakan dengan nyaman. Tetapi sebenarnya ini pertanda bahwa kemungkinan bagian dekrup, deklaher dan kopling sudah saatnya diganti.
Pak Riyatman, yg sudah membantu dalam pengambilan foto dipostingan ini. thx, ^_^
thx, ^_^
Terima kasih banyak atas sharing ilmunya om.. sangat berguna untuk orang banyak. Khususnya para pengguna suzuki apv seperti saya..
BalasHapusMohon ijin untuk share ilmunya om..
Terima kasih banyak. 🙏🙏