Rabu, 01 Februari 2023

1 Tiba-tiba Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Tadi pagi seusai CT Abdomen di Rumah Sakit Anna, tiba-tiba mobil tidak bisa dihidupkan. Ketika starter di kontak, tidak ada reaksi sama sekali pada mesin.

Pada panel indikator mesin, terlihat redup, sekilas terlihat seperti kelap-kelip. 

Panik, sempat terpikir apakah ada masalah dengan ECU, karena tidak pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya.

Akhirnya saya merilekskan diri dengan minum kopi sambil menelpon teman-teman baik yang setidaknya mengerti tentang mesin.

Sambil merenung sempat menduga ada masalah di kepala aki/ accu yang kotor, alasannya:
  1. Tidak bisa membuka pintu dengan menggunakan remote kecuali pintu tengah.
  2. Suara klakson parau seperti kurang setrum.
  3. Ketika di starter tidak ada suara apapun di mesin.
Meniatkan hati, usai minum kopi akan bersihkan kepala aki/ accu dengan amplas, karena sebelumnya saya tidak melihat adanya kotoran berwarna putih, seperti kapur pada kepala aki/ accu.

Tak lama salah seorang sahabat saya, Mas Rano, menelpon balik saya.

Dari keterangan yang saya jabarkan, mas Rano langsung mengatakan, permasalahan terletak pada kepala aki/ accu. Hati sayapun menjadi lega karena kemungkinan besar tidak ada masalah dengan ECU.

Benar saja, setelah diteliti dengan seksama, terlihat banyak kotoran yang terdapat di kepala aki/ accu positif. Sebelumnya tidak begitu terlihat karena tertutup oleh ring yang cukup besar ukurannya.

Akhirnya saya terpaksa meminta tolong ke salah seorang petugas di Rumah Sakit Anna, pak Wahyudi.

Untuk sebotol air panas sebagai pelarut kotoran putih pada kepala aki/ accu.

Saya siramkan air panas tersebut ke kepala aki/accu dan seketika langsung terlihat bersih.

Mobil kembali dapat dihidupkan, Alhamdulillah.
Semoga tulisan ini akan membawa manfaat.
 

Terimakasih teman-teman baik 🤲🌺.

Thx,  ^_^



1 comments:

  1. Alhamdulilah air panas y bermanfaat mobilnya bs nyalah lagi

    BalasHapus

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates